Rabu, 21 Februari 2018

Kasus Korupi, Bupati Cantik Rita Jalani Sidang Perdana

Ist.
Beritabatavia.com - Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (21/2/2018). Bupati berparas cantik ini bakal disidang terkait kasus dugaan gratifikasi sebesar 775 ribu dolar AS atau setara Rp 6,975 miliar.

Rita bakal disidang bersama Khairudin, Komisaris PT Media Bangun Bersama (MBB) yang disebut sebagai orang dekatnya di Kutai. Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK bakal membacakan dakwaan atas dugaan sejumlah penerimaan uang yang berkaitan dengan sejumlah proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara selama Rita menjabat.

Selain gratifikasi, Rita dan Khairudin juga masih punya tunggakan kasus di KPK. Keduanya juga ditetapkan sebagai tersangka di kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Keduanya kompak melakukan pencucian uang dari hasil gratifikasi sebesar Rp 436 miliar. Sederet tas, sepatu, jam tangan mewah milik Rita telah disita KPK. Tidak hanya itu, Rita juga menyandang status tersangka bersama Henry Susanto Gun selaku Dirut PT Sawit Golden Prima di kasus suap.

Rita diduga menerima suap dari Henry senilai Rp 6 miliar pada Juli dan Agustus 2010. Uang itu untuk memuluskan perizinan lokasi keperluan inti dan plasma perkebunan sawit di Desa Kupang Baru Kecamatan Muara Kaman kepada PT Sawit Golden Prima. 0 KAY