Jumat, 23 Februari 2018

Antikorupsi, Indonesia Cetak Prestasi Membaik

Ist.
Beritabatavia.com - Koalisi Anti Korupsi Internasional, Transparency International, merilis survei tentang negara paling korup di dunia setiap tahun. Sebanyak 180 negara diikutkan dalam survei ini, termasuk Indonesia.

Dalam survei tahun 2018, Indonesia mampu mencetak prestasi yang cukup baik. Transparency International mengungkapkan bahwa Indonesia naik lima peringkat menjadi negara antikorupsi di dunia.

Dilansir dari transparency.org, Jumat (23/2/2018), prestasi ini dikantongi Indonesia dalam lima tahun terakhir. Pada 2012, nilai persepsi korupsi Indonesia ada di posisi 32, sementara kini naik menjadi 37 di 2017.

Dalam laporannya, Transparency International juga mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia yang terus teguh memberantas praktik korupsi yang terjadi instansi pemerintahan. KPK dinilai tetap komitmen melakukan tugasnya di tengah banyak penolakan dari individu maupun badan pemerintah.

"Perbaikan indeks korupsi di Indonesia ini disebabkan dari kinerja KPK dalam mengambil tindakan terhadap individu yang korup, meski mendapat tentangan keras dari pemerintah dan parlemen," tulis Transparency International.

Walau begitu, upaya Indonesia untuk bisa bebas sepenuhnya dari praktik korupsi masih panjang. Secara keseluruhan, negara Asia Pasifik yang disurvei masih mendapat skor kurang dari 50 dalam indeks korupsi. Sementara skor rata-rata negara yang praktik korupsinya sudah menurun adalah 80.

Transparency International membuat peringkat dari 180 negara dan menilai mana saja yang mempunyai potensi korupsi yang terbesar, dan tak berpotensi korupsi. Indikatornya ditunjukkan dengan skor skala 0 sampai 100. Semakin besar skor yang didapat, maka semakin besar pula kemungkinan negara tersebut bersih dari praktik korupsi.

Peringkat pertama diduduki Selandia Baru dengan nilai 89. Nilai negara ini turun satu poin dari tahun lalu. Peringkat terbawah atau 180 diduduki Somalia dengan nilai sembilan. Nilai persepsi korupsi negara ini turun satu poin dari tahun lalu 0 DAY.