Senin, 26 Februari 2018

Hina Presiden Jokowi, Komikus Jepang Menyembah Minta Maaf

Ist.
Beritabatavia.com -
Usai membuat sebuah komik yang memperlihatkan Presiden Jokowi "mengemis" ke Perdana Menteri, Shinzo Abe, agar Jepang mau membantu proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, seorang komikus negeri Sakura itu pun meminta maaf. Onan Hiroshi, komikus tersebut, membuat sebuah komik strip satir yang memperlihatkan sebuah adegan seolah-olah Jokowi menjadi "pengemis".

"Pengemis kereta berkecepatan tinggi," begitu Hiroshi memberikan tajuk untuk dua panel komik strip buatannya.

Di panel pertama komiknya itu, Hiroshi mengilustrasikan bahwa Pemerintah Indonesia dan Jepang telah mencapai kata sepakat dalam proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Lalu terlihat para insinyur Jepang bekerja keras merencanakan format proyek tersebut, termasuk meneliti detail data-data yang dibutuhkan.

Pada strip kedua, diperlihatkan bagaimana pemerintah Jepang berhasil dalam melakukan penelitian dan lalu menyerahkan hasilnya ke pemerintah Indonesia.

Akan tetapi pemerintah Indonesia justru menjalin kesepakatan baru dengan pemerintah Cina. Jepang pun kemudian digambarkan menangis karena Indonesia malah beralih ke Cina hanya karena mereka menawarkan harga yang lebih murah.

Di panel kedua, Hiroshi mengilustrasikan masa dua tahun setelah kesepakatan antara Cina dan Indonesia terjalin. Pada gambar utama, tampak Presiden Xi Jingping menyilangkan kedua tangannya tanda bahwa Tiongkok tidak bisa menyelesaikan proyek kereta cepat Bandung-Jakarta. Sementara Jokowi digambarkan memegangi kepalanya sambil membayangkan proyek kereta cepat dan pemilihan presiden 2019.

Di panel berikutnya, Jokowi lalu digambarkan kembali menemui Shinzo Abe, membungkukkan badannya sambil bersimbuh dan memohon agar Jepang mau mengambil alih proyek kereta cepat itu kembali dari Tiongkok.

Sementara, terlihat dalam panel tersebut, tiga orang warga Jepang marah dan melempari Jokowi dengan batu. PM Abe digambarkan hanya diam dan tak mau meladeni permohonan Jokowi.

Panel itulah yang membuat banyak warganet geram dan mengecam Hiroshi, serta menuduhnya telah melecehkan Indonesia. Karena banyak menerima kecaman, Hiroshi melalui akun Twitternya, @Hiroshionan, menyampaikan permintaan maaf. Dia pun mengunggah sebuah foto yang memperlihatkannya menyembah.

"Im sorry Beggar is over excessive demands. I was heat up, but now cooldown. Mr,president JOKOWI and Indonesian everyone, and Indnesia gov I,m really sorry. I am shame. I take back picture. I,m sorry," demikian tulis Hiroshi lewat akun Twitternya yang kini telah dikunci untuk umum. 0 INI
Berita Terpopuler