Kamis, 01 Maret 2018

Presiden Jokowi Lantik Kepala BNN

Ist.
Beritabatavia.com -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Deputi Penindakan KPK Irjen Heru Winarto sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Budi Waseso (Buwas) yang memasuki masa pensiun. Pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Presiden Jokowi menginstruksikan Kepala BNN yang baru dilantik agar menerapkan standar kerjanya di Komisi Pemberantasan Korupsi sebelumnya ke BNN. "Sehingga BNN memiliki standar yang baik seperti yang diterapkan di KPK. Ada standar yang dibawa dari KPK ke BNN," pesan kepala negara.

Presiden Jokowi menyoroti sejumlah standar yang harus ditingkatkan Heru di BNN, mulai tata kelola organisasi, manajemen, serta integritas lembaga. "Di sana peredaran narkotika dan duitnya gede sekali. Omzetnya besar dan gampang menggoda orang berbuat tidak baik," lontar Presiden.

Jokowi menginstruksikan Heru memastikan mengurangi jumlah narkotika yang masuk ke seluruh daerah Indonesia karena berdampak domino dengan penurunan penggunanya. Pencegahan serta rehabilitasi juga diamanatkan sebagai fokus sehingga penanganan baik terjadi dalam semua sektor dari hulu hingga hilir.

Sebelum menjadi Kepala BNN, Heru bertugas sebagai Deputi Penindakan di KPK sejak Agustus 2015. Ia menjalankan fungsi perumusan kebijakan untuk sub-bidang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan di lembaga antirasuah itu.

Hadir dalam pelantikan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua KPK Agus Rahardjo serta jajarannya, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, seluruh Kepala Staf Angkatan TNI, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO).

Sebelum dilantik, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretarit Negara Cecep Setiawan membacakan Surat Keputusan Presiden (Kepres) tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Narkotika Nasional.

"Menetapkan dan seterusnya, mengangkat Inspektur Jenderal Polisi Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional dan diberikan struktur Eselon 1 sesuai Peraturan Perundang-undangan. Ditetapkan di Jakarta tanggal 28 Februari 2018, Presiden Joko widodo," kata Cecep.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Heru. Namun, Jokowi sempat menanyakan kepada Heru kesiapannya menjabat sebagai kepala BNN.

Berikut kutipan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi:

Demi Allah, saya bersumpah akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala Peraturan Perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Saya sebagai Kepala BNN menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Semoga Allah Swt memberikan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan amanah.

Kemudian, Heru langsung menandatangani Surat Keputusan atas pengangkatan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional serta dilakukan acara ucapan selamat.  0 INI