Kamis, 01 Maret 2018

Demi Kemanusian, Presiden Setujui Pemindahan Ustaz Baasyir ke RS

Ist.
Beritabatavia.com -
    
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui pemindahan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor, Jawa Barat ke sebuah rumah sakit (RS) di Jakarta. Pemindahan ini karena kondisi Baasyir kurang sehat sehingga harus segera mendapatkan perawatan secara intensif.

"Ya, ini kan sisi kemanusiaan yang juga saya kira untuk semua. Kalau ada yang sakit, tentu saja kepedulian kita untuk membawa ke RS untuk disembuhkan," ujarnya usai pelantikan Kepala BNN di Istana Negara Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Jokowi pun membenarkan dia setuju dengan permintaan agar  pengasuh Pondok Pesantren Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah  segera dipindahkan ke tempat perawatan. Sementara terkait dengan pemberian grasi, Jokowi menyebut hingga saat ini belum ada surat secara resmi yang masuk ke mejanya.

Kemarin, Ketua Majelis Ulama (MUI) Maruf Amin mengatakan dia secara langsung telah membicarakan hal ini dengan Presiden Jokowi supaya Baasyir sementara keluar dari Lapas Gunung Sindur untuk perawatan. Maruf Amin mengatakan bahwa permintaan tersebut memang sudah disampaikan, dan Presiden Jokowi pun memberikan respons bagus atas usulan tersebut.

Namun untuk tempat perawatannya, Maruf Amin belum memastikan apakah dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), atau tempat kesehatan lainnya. Di sisi lain, dia juga berharap agar Presiden Jokowi bisa memberikan grasi, tapi semua tetap tergantung kepada Jokowi.

Abu Bakar Baasyir divonis penjara 15 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, pada 2011. Dia dinilai terbukti merencanakan atau menggerakkan pelatihan militer bersama Dulmatin alias Yahya Ibrahin alias Joko Pitono.

Selain itu, hakim menilai Baasyir terbukti menghasut untuk melakukan perbuatan teror, yang diwujudkan para peserta pelatihan dengan melakukan penyerangan dengan senjata api kepada polisi dan fasilitas umum. Selama berada di dalam tahanan, Baasyir diduga mengalami pembengkakan kaki karena masalah di pembuluh darah vena. 0 kay