Senin, 12 Maret 2018

Kapal Cepat TNI AD Tenggelam Di Kepulauan Seribu, 65 Orang Selamat

Ist.
Beritabatavia.com - Kapal cepat milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dilaporkan tenggelam di Kepulauan Seribu, Jakarta. Kejadian ini berlangsung kapal tersebut sedang dalam perjalanan mengantarkan personel dalam operasi pengamanan. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan 65 orang penumpang berhasil diselematkan.

Tenggelamnya kapal tersebut berlangsung sekitar Senin (12/03/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. Kapal dengan nomor registrasi AD-16-05 itu tenggelam di tengah laut ketika mengalami mati mesin.

Kapuspen TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah saat dikonfirmasi Liputan6.com membenarkan ihwal peristiwa tersebut. "Peristiwanya benar, saya mendapat laporan bahwa saat ini evakuasi sudah selesai," ujar Fadhillah sambil memastikan semua awak kapal dan penumpang yang berjumlah 65 orang selamat.

Saat ini dugaan sementara insiden tersebut adalah kerusakan mesin kapal yang mati total. Fadhillah mengatakan pihaknya tengah melakukan proses pengumpulan data ulang.

Sementara kronologi kejadian tenggelamnya kapal cepat yang dilansir Penerangan Daerah Militer Jakarta Raya (Pendam Jaya) menyebutkan

Pukul 07.10 Wib, personel pengamanan berangkat menuju lokasi Kepulauan Seribu (tepatnya Pulau Pramuka), setelah berada di pertengahan laut Kepulauan Seribu, kapal cepat Komando mengalimi kerusakan dan mesin kapal tersebut tidak aktif (mati total).

Pukul 10.15 Wib, kapal KMC AD-04-15 merapat ke kapal KMC AD-16-05 untuk melakukan Evakuasi atau penyelamatan penumpang agar pindah ke kapal lain.

Pukul 11.10 Wib, kapal KMC AD-16-05 tengelam dan 65 orang dapat dievakuasi.

Pukul 11.45 Wib, Tim kapal dr RSUD Kepulauan Seribu dipimpin Danramil Kepulauan Seribu, Mayor Inf syaprudin, tiba di lokasi kejadian.

Sejauh ini pihak TNI AD belum mengetahui penyebab matinya mesin hingga menyebabkan kapal tersebut tenggelam karena masih dalam penyelidikan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 0 RLS