Kamis, 15 Maret 2018

Baru Terbentuk, Kapolda Kaltara Pertama Dilantik Kapolri

Ist.
Beritabatavia.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) perwira tingginya, diantaranya melantik Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) yang merupakan Polda baru tipe B yang baru saja diresmikan. Posisi Kapolda Kalimantan Utara ini akan dijabat Brigjen Indrajit.

Sebelumnya Indrajit merupakan Wakapolda Jawa Tengah. Jabatan Kapolda Kalimantan Utara merupakan jabatan pertama setelah provinsi Kalimantan Utara dibentuk. Pengesahan pembentukan Polda Kalimantan Utara dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor Kep/12/I/2018 yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 9 Januari 2018.

"Bahwa sumpah yang akan diucapkan saudara, disaksikan oleh yang hadir di ruangan ini dan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga apabila saudara melanggar sumpah ini, akan menjadi konsekuensi pribadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat," ujar Tito kepada para jenderal yang terlibat sertijab.

Upacara pelantikan pejabat tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/663/III/KEP/2018 tanggal 8 Maret 2018, dilaksanakan di Markas Besar Polri, Jakarta, Kamis (15/3/2018)

Pejabat yang dilantik serta serah terima jabatan adalah  Asisten Operasi (ASOPS) lama Irjen Pol Mochamad Iriawan akan diserahkan kepada ASOPS Kapolri Baru Irjen Pol Deden Juhara. Iriawan dimutasi ke Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Deden sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Kedua, Kapolda Maluku yang baru dijabat oleh Brigjen Pol Andap Budhi Revianto. Andap sebelumnya bertugas sebagau Kapolda Sulawesi Tenggara. Ketiga Tito memimpin sertijab Kapolda Sulawesi Tenggara yang baru dijabat Brigjen Pol Iriyanto. Sebelumnya Iriyanto bertugas sebagai Wakil Komandan Korps Brimob (Wadankorbrimob). 0 DAY