Senin, 26 Maret 2018

Mall di Rusia Terbakar, 37 Orang Meregang Nyawa

Ist.
Beritabatavia.com - Kebakaran hebat melahap mal atau pusat perbelanjaan di Siberia, Kemerovo, Rusia, Minggu (25/3/2018) waktu setempat. Akibatnya sedikitnya 37 orang pengunjung dan pegawai mal tewas dalam kebakaran.

Reuters merilis, Senin (26/3/2018) selain menawaskan 37 orang juga menyebabkan 30 orang luka-luka, dan puluhan lainnya masih dalam pencarian. Tim investigasi mengatakan masih ada 35 orang hilang yang kemungkinan masih terjebak di dalam gedung.

Si Jago Merah mulai terlihat di lantai atas kompleks Winter Cherry dan banyak korban berada di dalam bioskop. Video yang dipasang di media sosial menunjukkan banyak orang yang melompat dari jendela untuk menyelamatkan diri dari api. Asap mengepul dari jendela mal ketika petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan properti tersebut.

Sementara kantor berita setempat  mengatakan lebih dari 100 orang telah dievakuasi dari mal, yang berisi bioskop, restoran dan toko-toko. Namun hingga kini belum ada keterangan apa penyebab kebakaran tersebut.

Gambar-gambar televisi menunjukkan orang-orang melompat dari jendela-jendela mal, yang ditelan asap hitam dan  sejumlah orang di bawah berusaha menangkapnya. Kemerovo adalah daerah penghasil batubara, sekitar 3.600 km (2.200 mil) timur Moskow.

Kanselir Austria Sebastian Kurz telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman para korban. Pusat perbelanjaan yang dibuka pada 2013 ini, meliputi bioskop, restoran, sauna, arena bowling, dan kebun binatang anak-anak.

Laporan media lokal menyebut, api diyakini muncul sekitar 17.00 (10.00 GMT) pada bagian gedung yang berisi kompleks hiburan. "Menurut informasi awal, atap runtuh di dua bioskop," demikian penjelasan Komite Investigasi Rusia.

Yevgeny Dedyukhin, wakil kepala departemen darurat wilayah Kemerovo mengatakan, area yang mengalami kebakaran mencapai 1.500 meter persegi.

"Kami punya 288 personel darurat yang bekerja di lokasi, 62 unit pemadam kebakaran dan satu tim udara. Mereka semua mengambil bagian dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Kami mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memadamkan api. Pusat perbelanjaan adalah konstruksi yang sangat kompleks. Ada banyak bahan yang mudah terbakar," jelas Dedyukhin.

Sementara itu, wakil gubernur wilayah Kemerovo, Vladimir Chernov, mengatakan 13 korban tewas telah ditemukan di salah satu ruang bioskop. Laporan kantor berita Itar-Tass menyatakan, tim SAR berhasil mengevakuasi sekitar 100 orang dari gedung dan menyelamatkan 20 lainnya. 0 BBC
Berita Terpopuler