Selasa, 27 Maret 2018 15:42:38

Hendardi : Persidangan Jangan Menimbulkan Kegaduhan

Hendardi : Persidangan Jangan Menimbulkan Kegaduhan

Beritabatavia.com - Berita tentang Hendardi : Persidangan Jangan Menimbulkan Kegaduhan

Setiap ucapan yang dilontarkan terdakwa atau saksi dipersidangan kasus KTP elektronik baik yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, maupun ...

Hendardi : Persidangan Jangan Menimbulkan Kegaduhan Ist.
Beritabatavia.com - Setiap ucapan yang dilontarkan terdakwa atau saksi dipersidangan kasus KTP elektronik baik yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, maupun hanya karena keseleo lidah, dapat memacu tensi darah seseorang mendadak tinggi. Pernyataan, pengakuan dan jawaban yang diucapkan dalam setiap proses persidangan kasus KTP elektronik,  seperti busur panah yang siap merobek nama baik dan harga diri serta krediblitas seseorang.

Setara Institute menilai, kasus KTP elektronik adalah drama panjang dengan episode yang terus bergulir. Persidangan kasus KTP elektornik seperti gelombang laut yang siap menggulung orang-orang yang terlibat.

Ketua Setara Institute, Hendardi, mengatakan, pernyataan Setya Novanto di persidangan terkait dugaan aliran uang ke Partai Golkar, Pramono Anung dan Puan Maharani dalam kasus KTP elektronik telah menambah daftar panjang nama-nama yang disebut baik oleh Nazarudin maupun oleh Setya Novanto.

Secara normatif, apapun yang muncul dalam persidangan sebuah kasus, akan menjadi referensi KPK dalam mengembangkan sebuah peristiwa hukum. Tetapi materi-materi yang misleading dalam sebuah persidangan, semestinya juga tidak perlu ditanggapi berlebihan, apalagi menimbulkan ketegangan baru antar partai politik, kata Hendardi, Selasa (27/3).

Hendardi mengingatkan, di tahun politik, wujud hoax bukan hanya berkonten SARA tetapi juga berbagai materi yang dapat menjatuhkan marwah atau integritas pribadi seseorang, partai politik, atau pihak-pihak yang berhubungan baik langsung maupun tidak langsung dengan kontestasi politik.

Hendaknya ruang persidangan kasus korupsi dan kasus lainnya jangan menjadi sumber informasi palsu yang bisa menimbulkan kegaduhan baru, ujar Hendardi.  Terhadap hoax dan hal-hal yang belum teruji kebenarannya sudah semestinya publik tidak mudah terbawa arus, apalagi menjelang Pilkada serentak 2018, Pemilu dan Pilpres 2019, tambahnya. O son


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 04 Maret 2024
Sabtu, 02 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Rabu, 28 Februari 2024
Rabu, 28 Februari 2024
Selasa, 27 Februari 2024
Senin, 26 Februari 2024
Minggu, 25 Februari 2024
Minggu, 25 Februari 2024
Minggu, 25 Februari 2024