Sabtu, 07 April 2018

Start ke-19, Mobil Sean Gelael Rusak

Ist.
Beritabatavia.com - Pembalap Formula 2 Indonesia Sean Gelael mengawali musim balap 2018 dengan start dari posisi ke-19. Penyebabnya, mobil Sean yang tergabung dalam tim Pertamina Prema Theodore Racing mengalami masalah elektronik.

Mobil Sean terpaksa berhenti di pit lane selama beberapa waktu untuk perbaikan. Ketika kembali ke lintasan, Sean tak sanggup memaksimalkan laju mobilnya dan hanya mampu tercepat ke-19. Ia juga menjadi pembalap dengan jumlah lap paling sedikit karena hanya memiliki waktu 9 menit selama sesi kualifikasi.

Sean menyayangkan masalah elektronik yang menimpa mobilnya saat sesi kualifikasi. “Memang hanya masalah gagang setir, tapi itu cukup untuk membuat para mekanik dan teknisi berusaha keras mendiagnosis masalahnya. Setelah beres, saya hanya bisa melakukan satu lap cepat dan setelahnya juga terhalang mobil lain. Kami percaya diri untuk lomba,” kata Sean dalam siaran pers Sabtu (7/4/2018).

“Saya meyakini, bukan seberapa banyak kamu jatuh, tapi seberapa banyak kamu bisa bangkit. Dan tekad itulah yang akan kami lakukan di Prema dalam menghadapi lomba.”

Sesi kualifikasi balap perdana F2 musim ini dikuasai pembalap rookie. Dua pebalap rookie Lando Norris dan George Russel langsung membuat gebrakan di babak kualifikasi balapan perdana F2 yang berlangsung di sirkuit Sakhir Bahrain. Dengan raihan waktu tercepat di sesi kualifikasi keduanya akan memulai start dari barisan terdepan pada feature race hari Sabtu, 7 April 2018.

Norris, si jawara F3 Eropa yang membalap dengan bendera tim Carlin akan start dari posisi pertama setelah mengukir waktu tercepat pada sesi kualifikasi dengan torehan satu menit 41,761 detik. Sementara Russel, jagoan GP3 musim lalu memempin tim ART Grand Prix akan memulai balapan dari posisi kedua setelah mengukir waktu tercepat kedua, yakni satu menit 41,823 detik.

Keberhasilan dua pebalap rookie merebut posisi barisan terdepan ini cukup mengejutkan. Mereka mampu melewati pebalap yang lebih senior di F2, yang diunggulkan seperti Alexander Albon (DAMS) yang berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 1,41.850. Nyck De Vries, pebalap Tim Pertamina Prema Theodore Racing berada di posisi keempat dengan torehan waktu satu menit 41,880 detik,

Pebalap senior lainnya Luca Ghiotto (Campos) meraih catatan waktu satu menit 42,414 detik (posisi 12), Nicholas Latifi (DAMS) mengukir waktu satu menit 42,447 detik (posisi 15), Artem Markelov (Russian Times) yang membuat waktu satu menit 42,186 detik (posisi 17) dan Sean Gelael (Pertamina Prema Theodore Racing) di posisi 19 dengan raihan waktu, satu menit 43,016 detik.

Bagi tim Pertamina Prema Theodore Racing hasil ini di luar ekspektasi. Pada sesi kualifikasi, De Vries yang merupakan anggota McLaren Young Driver Programme, awalnya berniat menghemat ban di awal sesi karena akan berdampak krusial untuk balapan. Namun, pembalap asal Belanda ini akhirnya menggunakan ban Option (soft) terakhirnya. Dia keluar trek belakangan dan merambah ke posisi 4 di saat bendera finis dikibarkan pertanda sesi selesai.

De Vires juga mengaku kurang puas dengan hasil kualifikasi. "Sejujurnya saya kecewa dengan hasil di posisi 4 ini, karena bila melihat performa keseluruhan mobil kami, ada banyak hal yang bisa diperbaiki terutama di Sektor 1. Apa pun itu kami ada di lima besar dan dari sana kami bertarung untuk menang. Potensi kami sangat besar," ujarnya   

Balapan feature race akan dimulai pada Sabtu sore (7 April 2018) pukul 17.10 WIB. Siaran langsung aksi Sean Gelael di balap F2 dapat disaksikan via streaming di situs www.sean-gelael.com. 0 RLS