Kamis, 12 April 2018

Wapres JK Ragu Proyek LRT Jakarta Rampung Jelang AG 2018

Ist.
Beritabatavia.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan tidak yakin proyek pengerjaan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Jakarta rampung jelang pelaksanaan Asian Games (AG) 2018 pada Agustus mendatang. Sebagai gantinya, pemerintah akan memaksimalkan penggunaan bus buat mengangkut atlet dan rombongannya menuju arena pertandingan.

"Ah tidak bisa itu (selesai), Asian Games sisa empat bulan. Masih bisa gunakan bus dan harus diberikan jalur khusus," ujar Jusuf Kalla usai bertemu dengan pihak PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor proyek di Kantor Wakil Presiden, Jakarta kemarin.

Saat ini pengerjaan LRT sebagian telah selesai di koridor 1 rute Kelapa Gading-Velodrome (Rawamangun). Pengerjaan itu pun sempat terkendala karena faktor cuaca dan kecelakaan kerja beberapa waktu lalu.

Menurut JK, sapaan Jusuf Kalla, perkembangan proyek pengerjaan LRT di rute itu tak terlalu berpengaruh karena para atlet Asian Games lebih banyak menggunakan arena di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). "Mobilitas Asian Games itu kan banyak tempat-tempatnya di Senayan. Ada juga di Velodrome, pacuan kuda," katanya.

Guna mensterilkan jalur menuju venue Asian Games, JK berkoordinasi pemerintah provinsi DKI Jakarta terkait jadwal libur anak sekolah. Awalnya rencana meliburkan itu terbatas pada sekolah yang jalurnya dilintasi untuk pelaksanaan Asian Games. Namun hal itu, kata JK, kembali dikaji oleh Pemprov DKI. "Kita lihat nanti kondisinya bagaimana, harusnya ada jalanan khusus untuk Asian Games," ujar JK.

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Budi Harto mengatakan, perkembangan proyek pengerjaan LRT tahap I yang di antaranya meliputi rute Kuningan, MT Haryono, dan Dukuh Atas saat ini baru mencapai 36,6 persen. Lantaran belum rampung, Budi mengaku dapat petunjuk dari JK untuk menunda sementara pengerjaan proyek LRT selama pelaksanaan Asian Games. "Sudah ada pengarahan dari pak wapres beberapa lokasi harus kami siapkan pada Asian Games nanti harus bersih," katanya.

Asian Games 2018 akan digelar 18 Agustus sampai 2 September mendatang di Jakarta dan Palembang. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang yakni 33 cabang olahraga olimpiade dan delapan cabang olahraga non olimpiade. 0 CNN
Berita Terpopuler
Rabu, 20 Juni 2018