Jumat, 13 April 2018

Anniversary Cup, Timnas Indonesia vs Bahrain

Ist.
Beritabatavia.com -

Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan Bahrain di laga perdana perayaan ulang tahun PSSI, Anniversary Cup 2018. Timnas Malaysia sebelumnya berencana berpartisipasi, namun memilih mundur karena masalah internal. Posisi Malaysia digantikan Uzbekistan yang merupakan juara Piala Asia U-23 2018.

Kondisi itu disebut bakal lebih meningkatkan kualitas level turnamen, yang menjadi perayaan ulang tahun PSSI ke-88 tahun ini. Di sisi lain, kehadiran Uzbekistan dipercaya dapat menjadi ujian sangat baik buat Timnas Indonesia dalam persiapan menuju Asian Games 2018 Agustus 2018. Dua peserta lainnya, Bahrain dan Korea Utara tetap menjadi bagian dari turnamen.

"PSSI memang sangat serius untuk persiapan timnas menuju Asian Games. Kita membuat turnamen dengan mengundang tim-tim papan atas. Ini ujian yang bagus untuk timnas. Bukan soal menang atau kalah, mereka harus tampil maksimal untuk mengetahui level mereka," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Di sisi lain, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla mengaku cukup senang dengan kepastian Uzbekistan tampil di turnamen ini. "Ini turnamen yang bagus buat kami. Tentu saya ingin pemain belajar dari turnamen ini. Mereka akan tahu dimana level mereka. Yang pasti, kami juga akan tampil maksimal. Untuk persiapan kami telah menjalani program latihan dalam pemusatan latihan," kata Milla.

Dalam persiapan menuju Asian Games, Timnas Indonesia sudah beberapa kali melakoni laga uji coba internasional. Sebut saja laga melawan Suriah, Islandia dan laga tandang di Singapura.

Selain menjadi persiapan buat Timnas Indonesia, Anniversary Cup 2018 sekaligus menjadi test event Asian Games dimana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Kesiapan venue pertandingan juga menjadi salah satu perhatian khusus.

Untuk itu, seluruh pertandingan Anniversary Cup bakal digelar di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, yang merupakan satu dari empat stadion yang akan dipakai dalam pelaksanaan Asian Games nanti. Tiga stadion lainnya yang akan menjadi venue Asian Games 2018, yakni Patriot Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang dan Si Jalak Harupat Bandung.

Pada partai pembuka, tanggal 27 April, Uzbekistan akan meladeni Korea Utara. Sementara pada laga kedua menampilkan tim Indonesia melawan Bahrain. Selanjutnya pada partai kedua yang digelar Senin (30/4), Bahrain akan mengawali pertandingan melawan Uzbekistan dan laga Indonesia menantang Korea Utara.

Pada partai terakhir, 3 Mei 2018, Bahrain akan bertarung melawan Korea Utara, sementara Indonesia menghadapi Uzbekistan. Juara dari turnamen ini adalah tim yang mengoleksi poin tertinggi dari tiga laga yang dimainkan.

Jadwal Pertandingan PSSI Anniversary Cup 2018
Jumat 27 April 2018
16.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara
19.30 WIB: Indonesia vs Bahrain
Senin 30 April 2018
16.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan
19.30 WIB: Indonesia vs Korea Utara
Kamis 3 Mei 2018
16.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain
19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan 0 DAY