Selasa, 17 April 2018

Cara Efektif Turunkan Kadar Gula Darah

Ist.
Beritabatavia.com - Gula darah tinggi dalam jangka waktu singkat atau lama dapat membahayakan kondisi tubuh. Oleh karenanya, menjaga gula darah penting bagi kesehatan terutama bagi penderita diabetes.

Seseorang dengan gula darah tinggi akan mengalami banyak efek buruk, mulai dari yang terjadi secara tiba-tiba atau bertahap seperti penumpukan asam pada aliran darah. Kondisi ini juga dapat merusak pembuluh darah di beberapa organ, dan menyebabkan penyakit serius seperti gangguan penglihatan, infeksi, amputasi, gagal ginjal, serangan jantung, stroke.

Normalnya, gula darah berada pada rentang 70-130 mg/dL sebelum makan dan di bawah 180 mg/dL setelah makan. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut merupakan cara efektif dan sederhana untuk menurunkan gula darah.

1. Mengurangi karbohidrat
Karbohidrat diolah tubuh jadi gula digunakan sebagai energi. Kelebihan gula berakibat meningkatnya kadar gula dalam darah. Penelitian menunjukkan mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan makanan tinggi protein, serat serta vitamin dapat mengurangi kadar gula darah. Untuk menyiasati energi dari karbohidrat, dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti gandum dan ubi. Karbohidrat kompleks terdiri dari beberapa jenis gula diolah dalam waktu lama oleh tubuh sehingga tak memicu kenaikan gula darah. Sebaliknya, karbohidrat yang sederhana seperti roti, pasta, dan permen hanya terdiri dari satu jenis gula saja dan diolah oleh tubuh dalam waktu yang cepat sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu yang cepat.

2. Mengontrol porsi makan
Rendah karbohidrat, tinggi protein dan serat saja tak cukup untuk menurankan kadar gula darah. Porsi dalam sekali makan juga mesti diatur dengan baik. Bagi penderita diabetes porsi makan harus mengikuti anjuran dokter. Dilansir dari Health Line, acara lain dalam mengontrol porsi makan adalah dengan menimbang berat makanan, menggunakan piring ukuran kecil, membaca label makanan, dan makan secara perlahan.

3. Olahraga
Aktivitas fisik yang rutin dapat menjaga berat badan dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Peningkatan insulin membuat sel dalam tubuh dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Olahraga dapat membuat otot bekerja dan menggunakan gula atau energi yang tersimpan dalam tubuh.

4. Minum air
Dalam sebuah laporan di Medical News Today disebutkan, minum air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan membantu ginjal mengeluarkan gula dalam tubuh melalui urin. Penelitian juga menunjukkan orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kenaikan gula darah.

5. Menghindari stres
Stres dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Saat stres, tubuh memproduksi hormon glukagon dan kortisol yang membuat gula darah melonjak. Relaksasi, meditasi serta tidur yang cukup dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Saat tidur dan dalam keadaan rileks tubuh dapat mengontrol gula darah. o kay
Berita Terpopuler