Rabu, 18 April 2018

Aktor Senior Deddy Sutomo Berpulang

Ist.
Beritabatavia.com - Aktor senior Deddy Sutomo (76) meninggal dunia hari Rabu (18/4) pagi ini. Deddy masih disemayamkan di Flamboyan Village, Rempoa.

Akun Instagram aktor Tio Pakusadewo (@pksdw) mengunggah foto KTP Deddy dengan caption mengungkapkan kesedihannya.

"Selamat Jalan Bapakku, Guruku, Sahabatku.. kesayanganku... Sedih.. sedih.. sedih," tulis akun Tio. Untuk diketahui, akun ini dioperasikan oleh tim admin dari Tio bernama Nagra dan Rendy.  Tio masih menjalani proses hukum atas kasus narkoba.

Aktor Deddy pada usia muda terkenal sebagai Pandji Tengkorak yang tayang era 1970an. Kemudian bermain film Tutur Tinular III tahun 1998, Deddy kembali tampil di layar lebar dalam film Maskot (film) tahun 2006, dua tahun berikutnya Deddy tampil dalam film Doa Yang Mengancam sebagai Pak Tantra.

Di era 2010-an Deddy telah membintangi lima film dimulai tahun 2010 Menebus Impian, 2011 Tanda Tanya (film). Tahun 2015 Deddy tampil dalam tiga film yaitu 2014 (film), Ayat Ayat Adinda, dan Mencari Hilal.

Tahun ini juga Deddy meraih penghargaan terbesar sepanjang kariernya yaitu Aktor Utama Terbaik di Festival Film Indonesia 2015 dalam perannya sebagai Mahmud di film Mencari Hilal.

Dalam film Mencari Hilal, Deddy beradu akting dengan Oka Antara itu, Deddy berperan sebagai Mahmud yang berusaha untuk menerapkan ajaran agama Islam dengan sempurna. Namun ia mulai menemukan kegelisahan ketika mengetahui bahwa Kementerian Agama menghabiskan dana milyaran rupiah untuk melaksanakan sidang Isbat.

Untuk membuktikan bahwa ibadah tidaklah dalam rangka memperkaya diri, maka Mahmud menjalankan kembali tradisi mencari hilal seperti yang ia lakukan saat masih di pesantren dulu.

Deddy tercatat telah membintangi sekitar 44 judul film dan dua serial televisi. Setelah tidak lagi main film, dia mencoba mencoba menjadi pengusaha, di antaranya dengan mendirikan PT Jakarta Pelangi Production. Tapi akhirnya Sang Panji Tengkorak ini masuk bidang politik.

Diawali dengan duduk dalam MPP (Majelis Perimbangan Partai) PDI Perjuangan, dia kemudian dicalonkan sebagai wakil rakyat di Daerah Pemilihan Jawa Tengah II.

 Pada pemilu tahun 2004, Deddy Sutomo terpilih menjadi anggota DPR RI, dan berada dalam komisi X (Bidang Pendidikan).
 0 KAY