Kamis, 19 April 2018

Waspadai, Resiko Seks Saat Haid

Ist.
Beritabatavia.com - Melakukan hubungan seks selama masa menstruasi atau haid mungkin bukan hal yang biasa dilakukan. Namun, nyatanya sebagian pasangan melakukan hal tersebut, bahkan menikmatinya.

Seorang asisten dokter di Pusat Medis untuk Seksualitas Perempuan di New York, Tara Ford, mengatakan, "Jika wanita merasa nyaman untuk melakukan seks selama masa haid, maka tidak ada masalah untuk melakukannya.” Untuk menghindari masalah noda yang akan ditimbulkan, Ford merekomendasikan agar meletakkan handuk di tempat tidur, atau lakukan seks di kamar mandi.

Jangan khawatir jika Anda melihat gumpalan merah atau cokelat gelap selama atau setelah berhubungan seks. Itu hanya darah dan sel tua pada lapisan rahim yang gugur, dan hal tersebut sangat normal terjadi.

Namun, memang ada beberapa risiko yang bisa terjadi. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu.

1. Risiko infeksi menular seksual

Melakukan seks ketika haid dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual (IMS). Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, dalam darah menstruasi terdapat virus yang bisa mememicu IMS baik bagi wanita ataupun pasangannya. Karena itu, dokter sangat menganjurkan menggunakan kondom untuk mengurangi risiko ini. Profesor klinis kandungan kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Feinberg di Chicago, Lauren Streicher, mengungkapkan bahwa setiap cairan di tubuh dapat membawa Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau penyebabIMS lainnya. Dan selama masa menstruasi, serviks terbuka sedikit sehingga memungkinkan virus untuk masuk. "Pesan saya untuk wanita adalah gunakan alat pelindung(kondom) jika memang ingin lakukan hubungan seksual di masa periode(menstruasi) Anda.”

2. Risiko hamil tetap ada

Melakukan hubungan seksual di masa haid memiliki kemungkinan yang kecil untuk hamil. Namun, ada pengecualiannya. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek, yaitu 21 hingga 24 hari, di mana umumnya 28 hari. Saat Anda berhubungan seks menjelang akhir haid, sperma dapat tetap hidup di vagina Anda hingga lima hari, sehingga kehamilan bukanlah hal yang tidak mungkin.

3. Menggunakan pembalut selama seks meningkatkan risiko infeksi

Menggunakan pembalut dalam waktu yang lama akan meningkatkan jumlah bakteri dari darah haid Anda. Baiknya, hindari pemakaian pembalut saat berhubungan seks . Selain hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada leher rahim, pembalut bisa terdorong masuk ke dalam vagina yang mana akan sulit untuk dikeluarkan. 0 COS