Minggu, 22 April 2018

Facebook Minta Waktu Audit Dugaan Penyalahgunaan Data

Ist.
Beritabatavia.com -
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyampaikan, penyidik sudah berkomunikasi dengan pihak Facebook Indonesia terkait dugaan penyalagunaan data pengguna di Indonesia. Perwakilan dari aplikasi besutan Mark Zuckerberg itu meminta waktu untuk mengaudit permasalahan tersebut.

"Iya dia masih minta waktu. Nanti dipanggil kembali," tutur Setyo di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Selatan, Minggu (22/4/2018).

Menurut Setyo, berdasarkan penyelidikan, Facebook memang memberikan akses kepada pihak yang bekerjasama. Dalam penerapannya, fasilitas tersebut juga bisa menerima data si pengguna yang turut mengakses.

"Kita juga masih menunggu karena masih mengaudit. Jadi kalau kita pelajari bahwa Facebook memfasilitasi pihak ketiga untuk ada di platform dia. Ketika masuk ke dalam yang kuis itu, data kita kesedot. Teman-teman ke saya kesedot," jelas dia.

"Nah ini akan minta penjelasan dari Facebook sampai sejauh mana data-data dari Indonesia, ada berapa banyak, dan penyalahgunaan seperti apa. Facebook masih minta waktu lagi," sambung Setyo.

Setyo tidak dengan gamblang menyebut batas waktu yang diberikan penyidik untuk evaluasi dan audit pihak Facebook. Polisi akan menunggu lebih dulu dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan ranah IT.

"Ini masalah teknis, kalau dikasih tenggat waktu itu tapi tidak tercapai kan akan lebih sulit lagi. Karena teknis, saya nggak bisa memastikan, marena ini teknis informatika yang tidak semua orang memahami. Maka kita tunggu nanti ahli yang mengetahui," Setyo menandaskan. 0 LEO