Rabu, 25 April 2018

Jokowi: Peran Wanita Makin Besar Bukan karena Belas Kasihan

Ist.
Beritabatavia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel bersama memperingati Hari Kartini di Silang Monas, Jakarta Pusat pada Rabu (25/4/2018). Pada pidatonya, Jokowi mengaku bangga atas meningkatnya jumlah anggota korps wanita TNI dan polisi wanita (Polwan). Hal ini semakin menunjukan kontribusi dan peran wanita semakin diakui dan dibutuhkan masyarakat.

"Peran wanita yang semakin besar ini bukan terjadi karena belas kasihan, bukan pula karena kuota yang ditetapkan pemerintah. Namun, peran wanita yang semakin besar dan semakin strategis ini dikarenakan masyarakat pemerintah dan negara  membutuhkan peran wanita yang lebih besar," kata Jokowi dalam pidatonya di Silang Monas, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menurut dia, tentara perempuan dan Polwan memiliki kelebihan apalagi ketika menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban. Hal ini, kata dia, bisa dilihat dari mampunya Polwan dan wanita TNI menghadapi situasi sulit di lapangan.

"Dalam berbagai kesempatan saya melihat sendiri bahwa korps wanita TNI dan polwan benar-benar terampil di lapangan, benar-benar bisa membuat situasi yang sulit dapat menjadi tenang dan terkendali. Itulah kelebihan perempuan. Lembut tapi tegas, itulah yang dibutuhkan bangsa ini," ujar Jokowi.

Kemudian, sambung dia, di sosial media para prajurit TNI wanita dan Polwan makin menjadi perbincangan masyarakat. Mereka memperoleh apresiasi dan menjadi idola baru. "Pendekatan sosial yang ramah terhadap masyarakat, pelayanan yang sopan dan penuh penghormatan adalah karakter pelayanan publik saat ini. Dan saudari-saudari telah menunjukkan karakter pelayanan yang seperti itu," ucap Jokowi.

Sebelum menutup pidatonya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan kepada para prajurit TNI wanita dan Polwan untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai dasar bernegara. Baik itu Undang-undang Dasar 1945, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, Jokowi mengingatkan agar tidak meninggalkan sikap profesionalisme dan dedikasi terhadap negara dalam menjalankan tugas.
"Semuanya adalah simbol inspirasi bagi anak-anak perempuan Indonesia dimanapun mereka berada. Saudara-saudara semuanya adalah ekspresi kasih sayang negara kepada masyarakatnya," kata Jokowi.

"Untuk itu saya menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada anggota korps TNI dan Polwan. Saya mengajak saudari semuanya untuk terus meneruskan semangat juang kartini," sambung dia.

Apel dihadiri Presiden RI, Jokowi yang mengenakan jas hitam dengan kemeja putih, dasi merah dan peci sebagai pimpinan apel. Jokowi juga didampingi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, para menteri kabinet kerja dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ribuan personel pasukan gabungan wanita TNI AD, AL, AU, dan Polwan berbaris rapi sejak pagi hari. Tepat pukul 07.00, Jokowi hadir di tengah-tengah peserta apel. Apel bersama yang dihadiri Jokowi itu dimeriahkan dengan pertunjukkan musik, drama kolosal Malahayati dan Kartini, pasukan berkuda, motor gede, atraksi terjun payung, memeriahkan acara tersebut. 0 LEO