Rabu, 25 April 2018

Dermaga Marina Ancol Dilengkapi TPI

Ist.
Beritabatavia.com - Wisatawan asing yang akan berwisata ke Kepulauan Seribu, kini semakin mudah mengurus keimigrasiannya. Pasalnya, Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara dilengkapi dengan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Pendirian kantor layanan ini hasil PT Pembangunan Jaya Ancol dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat.

"Pendirian TPI di Dermaga Marina Ancil sebagai upaya meningkatkan layanan, memanjakan sekaligus mempermudah wisatawan mancanegara. Selama ini mereka terlayani di Pelabuhan Tanjung Priok," ungkap Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona Laoly saat meresmikan TPI di Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018).

Dilanjutkan, keberadaan layanan imigrasi di Dermaga Marina ini bisa membuat wisatawan merasa lebih nyaman, aman dan cepat pelayanan. Karena sebelumnya, layanan wisatawan bercampur dengan layanan peti kemas di Tanjung Priok. "Harapannya untuk pelayanan keimigrasian ke tamu-tamu asing, khususnya yang melewati Pelabuhan Marina ini, bisa terlayani dengan baik," jelas Menteri Yasona.

Diakui, keberadaan TPI Marina Ancol akan mempermudah pemeriksaan imigrasi bagi turis asing yang datang melalui pelabuhan Marina Ancol. Sebab, sudah banyak kapal pesiar yang membawa tamu asing lewat pelabuhan ini. "Ada dari Singapura, Hong Kong, dan lainnya yang biasanya masuk dari sana tapi itu warga lintas negara," katanya.

Sebelum ada TPI Marina Ancol, banyak warga negara asing yang datang lewat dermaga Marina harus mengurus imigrasi di tempat lain. Dengan adanya TPI di Marina ini, diharapkan pemeriksaan warga negara asing yang masuk dapat langsung dilakukan. "Juga supaya mendorong lebih mudah lagi datang wisatawan asing, karena sudah ada fasilitas." sambungnya.

Data kunjungan wisatawan mancanegara pada Desember 2017 tercatat 14,04 juta orang. Jumlah itu meningkat 28,81 persen dari tahun sebelumnya, 11,52 juta. Target tahun 2018 sebesar 15 juta turis lokal hingga internasional

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, mengapresiasi inisiasi pendirian TPI di Dermaga Marina Ancol. Diharapkannya, keberadaan TPI yang diresmikan bisa meningkatkan pengawasan terhadap orang asing yang masuk ke DKI Jakarta. "Semoga dibukanya TPI ini juga bisa memberikan kebaikan pada warga," tandasnya.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana menambahkan pembangunan tempat pemeriksaan imigrasi ini bertujuan menjadikan dermaga Marina Ancol sebagai pelabuhan di destinasi wisata berstandar internasional.

"Langkah awalnya kami mulai dengan TPI ini," ujar Paul sambil menambahkan Marina Ancol memiliki 22 dermaga yang rutin melayani penyeberangan wisatawan ke Kepulauan Seribu, serta melayani parkir kapal bagi perusahaan, instansi pemerintah, dan perseorangan. 0 BWO
Berita Terpopuler