Rabu, 16 Mei 2018

Giliran Mapolda Riau Diserang Terduga Teroris, 1 Polisi Tewas

Ist.
Beritabatavia.com -

Setelah Polrestabes Surabaya diserang ledakan, kini giliran Mapolda Riau diserang terduga teroris, Rabu (16/5/2018) pagi. Tiga penyerang menggunakan kendaraan minibus Toyota Avanza, dengan sengaja menabrak anggota Provost Polda Riau, dan turut melukai dua wartawan yang hendak meliput jumpa pers kasus penangkapan narkoba sejenis sabu-sabu.

Dilansir Antara, Rabu (16/5), kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu Kapolda Riau Irjen Pol Nandang hendak menyampaikan jumpa pers pengungkapan kasus narkoba.

Tiba-tiba sebuah mobil Avanza warna putih menerobos masuk melalui gerbang sebelah utara. Seorang anggota Provost Polda Riau terkapar, dan dua wartawan yang akan meliput pers rilis juga terluka pada bagian kepala dan beberapa bagian tubuhnya akibat ditabrak mobil itu.

Kabarnya seorang wartawan menjadi korban adalah jurnalis stasiun televisi tvOne, dan satu kameramen stasiun tv lainnya. Setelah menabrak pagar pintu masuk Mapolda Riau, empat orang yang mengendarai mobil keluar. Mereka lantas menghunuskan senjata tajam, dan berusaha menyerang polisi sedang berjaga di pos pemeriksaan.

Puluhan suara berondongan peluru senjata api silih berganti terdengar dari dalam dan luar Markas Polda Riau. Kejadian ini sempat membuat kondisi Jalan Jenderal Sudirman hening dan memanas. Beberapa petugas polisi lalu lintas berjaga tampak mengamankan kondisi lalu lintas sudah memadat. Mobil ambulans juga beberapa kali hilir mudik keluar masuk dari Polda Riau.

Kapolda Riau Irjen Nandang menegaskan polisi yang ditabrak mobil penyerang meninggal dalam perjalanan ke RS Bhayangkara, Rabu (16/5/2018).  “Anggota itu ditabrak mobil teroris. Tadi dibawa ke RS Bhayangkara tapi meninggal dunia, baru saja,” ujar Kapolda Riau Irjen Nandang kepada wartawan.

Menurutnya, sekitar pukul 08.30 WIB mobil itu meberobos masuk dari pintu belakang. Petugas yang berupaya menghalangi ditabraknya. Selain polisi, ada pula jurnalis TV One dan seorang kameraman TV kena tabrak.

Kapolda menambahkan, empat orang keluar dari mobil tersebut. Mereka menenteng samurai menuju penjagaan lalu menyerang polisi. Senjata tajam itu mengenai dua polisi. “Satu orang kena lehernya dan satu lainnya kena di tangan. Mereka selamat,” katanya.

Polisi menembak mati tiga penyerang dalam serangan itu. Jenazah dibawa ke RS Bhayangkara. Sementara satu orang pelaku berhasil kabur. o day