Sabtu, 19 Mei 2018

Gila, Sewa Lapak Bazar Ramadhan di Benhil Rp3 Juta/bulan

Ist.
Beritabatavia.com - Bisnis makanan dan minuman berbuka puasa cukup menjanjikan. Buktinya, tiap ramadhan tiba, menjamur orang jualan. Bahkan berani menyewa lapak dengan harga mahal. Seperti di kawasan Pasar Benhil, Jakarta Pusat. Akibatnya penjual makanan dan minuman di Benhill menjad mahal.

Di tempat ini merupakan salah satu bazar aneka makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa paling top. Meskipun tidak begitu luas, namun ada puluhan lapak penjual aneka hidangan yang menjadi buruan. Lapaknya lumayan mahal, Rp 3 juta selama sebulan Ramadhan.

Sri Nuraini, salah satu penjual di Bazar Ramadhan kawasan Pasar Benhil mengaku menyewa lapak di sana seharga Rp 3 juta selama sebulan. Menurutnya, ia sudah sekitar 24 tahun berjualan aneka lauk pauk di Bazar Ramadhan ini. Kata Sri, sejak harga sewa hanya Rp 250.000 sampai harga sewa sekarang Rp 3 juta.

“Satu bulannya Rp 3 juta, sedangkan hariannya Rp 25.000. Dibayarnya cash, mau dagang langsung bayar. Bukan perhari,” ujar Sri pada Jumat (18/5/2018) di Pasar Benhil, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Dilanjutkan, uang sewa dan uang harian tersebut berbeda. Uang harian berupa Rp 25.000 dibayar sebagai uang kebersihan dan juga keamanan. Uang sewa dan uang tersebut, dibayarkan kepada salah seorang pengelola bazar. Sedangkan meja-meja untuk berjualan,  miliknya sendiri bukan disediakan oleh pihak pengelola.

Wanita 52 tahun ini berjualan aneka lauk pauk untuk berbuka puasa, seperti gudeg, buntil, krecek, gurame asam manis, sate paru, dan lainnya. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 5.000 – Rp 25.000. Ia mengaku gudeg, krecek dan buntil menjadi makanan favorit para pelanggannya. Gudeg dan krecek sendiri dijual Rp 15.000 per porsi.

Pukul 11.00 WIB sudah mulai berjualan. Hal ini lantaran banyak orang kantoran yang memang tidak berpuasa membeli makan. Biasanya begitu selepas maghrib makanan yang ia jual sudah laku terjual. “Sampai magrib insya allah habis. Biasanya habis tapi gatau namanya orang jualan,” seru Sri. 0 BIO