Jumat, 25 Mei 2018

Diringkus Sembilan Pelaku Curanmor, Satu Tewas Didor

Ist.
Beritabatavia.com - Sebanyak sembilan pelaku pencurian kendaraan bermotor telah ditangkap oleh Polres Jakarta Timur, tiga di antaranya penadah barang curian. Satu dari enam pelaku pencurian tersebut meninggal dunia, akibat tindakan tegas yang diberikan kepolisian setelah pelaku mencoba melarikan diri.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Yoyon Tony Surya Putra menjelaskan, dari hasil penangkapan, diamankan sebanyak enam unit sepeda motor yang rata-rata dari motor tersebut merupakan motor bebek. Dari keterangan para pelaku, keenam pelaku melancarkan aksinya di daerah Kramat Jati, Makasar, Ciracas dan Cipayung.

“Modus yang digunakan pelaku ini adalah dengan menggunakan kunci T dan mengambil sepeda motor yang ada di depan kontrakan, di parkiran,  atau saat  pemiliknya sedang belanja. Intinya dia mencuri atau melakukan aksinya saat motor diparkirkan oleh pemiliknya dengan menggunakan kunci T,” ujar Tony di Polres Metro Jakarta Timur, Jumat (25/5/2018).

Selanjutnya, barang curian tersebut dibawa kepada pengepul barang curian ini di daerah Karawang dan Lampung. Tony menambahkan, para pelaku ini merupakan komplotan dari Lampung Timur.

“Kesimpulannya adalah mereka memang spesialis kelompok pencurian kendaraan bermotor. Ini kelompok Lampung, artinya dari hasil pemeriksaan mereka berasal dari Lampung Timur,” terangnya.

Para pelaku ini bisa tertangkap setelah polisi melakukan obervasi awal di daerah Pasar Induk, Jakarta Timur. Di mana pada saat itu, tim polisi yang tengah menyelidiki menemukan seseorang mengendarai motor tanpa plat nomor polisi. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa motor tersebut hasil curian di daerah Ciracas.

“Di daerah pasar induk, biasa tempat berkumpul mereka mendiskusikan hari ini sasaran ke mana target ke mana. Dari situ kita kembangkan ke tempat yang lain,” tandasnya.

Dari penangkapan, didapatkan barang bukti berupa tiga senjata api rakitan jenis revolper, lima kunci motor palsu, lima handphone milik pelaku, satu buah tas selempang cokelat untuk senjata api, tiga kunci pembuka magnet, enam mata anak kunci leher T, dua gagang kunci leher T, dan 10 butir peluru kaliber  9 mm. 0 PKO