Jumat, 01 Juni 2018

Terminal Kampung Rambutan Mulai Dipadati Penumpang

Ist.
Beritabatavia.com -

Lebaran masih 15 hari lagi, tetapi menurut Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto, sudah ada kenaikan jumlah penumpang meski belum terlalu signifikan.

“Lonjakan penumpang tadi saya liat sudah lumayan, tapi belum signifikan. Dibandingkan hari biasa sudah terlihat peningkatan tadi pagi. Lumayan, mungkin sekitar 5%,” ujar Emiral di Kawasan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (01/06/2018).

Ia menambahkan, untuk pelonjakan penumpang ia tidak bisa memastikan. Namun biasanya, kata Emiral, lonjakan penumpang terjadi pada H-5 sampai H-3 lebaran.

“Seperti pada tahun 2016, lonjakan penumpang terjadi pada H-4 lebaran, dengan penumpang mencapai 13.000 – 14.000. Kemudian di 2017, lonjakan penumpang terjadi di H-3 lebaran dengan penumpang mencapai 17.465 dalam satu hari,” jelas Emiral.

Menurut Emiral, saat ini penumpang yang melalui Terminal Kampung Rambutan mayoritas menuju daerah di kawasan Jawa Barat seperti Tasik, Banjar, Pangandaran, Cianjur, Sukabumi, dan Garut. Meski gitu bus menuju kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur juga mulai mengalami peningkatan.

“Kalau Jawa Tengah itu ke Pekalongan, Tegal, terus ke Wonosobo. Kalau di Jawa Timur kebanyakan ke Surabaya. Kalau Sumatera banyak juga sudah mulai (mudik), ya ke Lampung, Palembang, Muara Dua, paling banyak itu,” tandas Emiral. 0 PK