Jumat, 01 Juni 2018

Diduga Teroris, Polisi Malaysia Tangkap 15 Orang

Ist.
Beritabatavia.com - Kepolisian Malaysia menangkap 15 orang yang diduga tergabung dalam kelompok militan tertentu. Otoritas Malaysia mengatakan, belasan orang itu diperkirakan berencana melakukan serangan ke sejumlah tempat ibadah di Ibu Kota Kuala Lumpur.

Kepolisian Malaysia mengungkapkan, sembilan dari 15 orang yang diamankan itu merupakan warga negara asing. Mereka ditangkap dalam beberapa operasi keamanan yang dilakukan antara 27 Maret hingga 9 Mei lalu.

"Para terduga telah memantau dan mendokumentasikan lokasi yang menjadi target, termasuk rekaman video terkait peringatan serangan tersebut," kata Inspektur Jendral Kepolisian Malaysia Mohamad Fuzi Harun seperti dilansir laman Reuters, Jumat (01/06/2018).

Di antara para terduga yang berhasil diamanakan terdapat seorang siswa berusia 17 tahun yang diperkirakan merupakan anggota militan ISIS. Mohamad mengatakan, masing-masing dari terduga berencana menyerang gereja, pusat hiburan, hingga wihara. "Siswa tersebut telah membuat enam bom molotov dan telah menguji coba salah satunya," lanjut Mohamad Fuzi Harun.

Terduga lainnya adalah seorang ibu rumah tangga yang diamankan aparat pada 9 Mei lalu saat pemilu Malaysia. Mohamad mengatakan, wanita 51 tahun itu berencana menubrukkan diri ke TPS non-muslim menggunakan mobil yang memuat tabung gas dan bahan peledak.

Mohamad melanjutkan, terduga anggota kelompok militan lainnya adalah pemilik salah satu restoran di Bangladesh. Mohamad mengatakan, dia berperan sebagai penyelundup senjata ke kelompok militan asing seperti di Filipina.

Terduga lainnya adalah sepasang suami istri yang berasal dari Afrika utara yang diburu aparat di negaranya lantaran bergabung dengan ISIS. Kendati kedua pasangan tersebut telah dideportasi pada 14 April lalu. 0 REU