Minggu, 03 Juni 2018

Mudik Lebaran, 6 Ruas Tol Digratiskan

Ist.
Beritabatavia.com -
Sebanyak enam ruas tol yang belum selesai pengerjaannya bakal dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran 2018. Ini artinya pemudik bisa melewati keenam ruas tol tersebut secara gratis.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, jalan tol fungsional yang dapat dilalui pemudik tanpa dikenakan tarif, antara lain Tol Brebes Timur-Pemalang (37,3 Km), Pemalang-Batang (39,2 Km), Batang-Semarang (75 Km), Salatiga-Kartasura (32 Km), Solo-Sragen (36 Km), dan Wilangan-Kertosono (37 Km).

“Pada ruas Tol Brebes Timur-Sewaka (Pejagan) dan Solo-Sragen meski fungsional, namun kondisi jalannya seperti ruas tol operasional karena sudah siap diresmikan," ujar di dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/5/2018)‎.

Tempat istirahat dan penerangan juga disiapkan pada ruas tol fungsional, walaupun tidak selengkap yang ada pada ruas tol operasional. "Untuk ruas tol lainnya sebagian rigid pavement dan lean concrete. Dalam pelaksanaan di lapangan, rekayasa lalu lintas menjadi kewenangannya Korps Lalu Lintas Polri,” jelas Herry.

‎Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kesiapan infrastruktur jalan tol dan non-tol tahun ini relatif lebih baik dari tahun sebelumnya. “Kondisi jalan nasional saat ini kondisinya 90 persen mantap. Selain itu, jalan tol yang dapat digunakan pada mudik tahun ini, lebih panjang dibandingkan dari tahun lalu. Tol dari Merak ke Pasuruan sepanjang 995 Km, 760 km telah operasional, dan sisanya 235 Km telah fungsional,” tandas dia.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat memberikan potongan harga bagi para pengguna jalan tol. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono, di Kementerian PUPR, Jakarta.  "Kami berikan diskon tujuannya agar distribusi traffic jadi lebih baik. Biasanya ada puncak-puncaknya kemacetan," ujar Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS), Sunarto Sastrowiyoto, pada 31 Mei 2018.

Pada 13-14 Juni 2018 dan 18-19 Juni 2018, diskon 10 persen akan diberikan di semua ruas tol milik Jasa Marga. Diskon juga diberikan Tol Akses Tanjung Priok, Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Medan-Binjai (Hutama Karya).

Selain itu, diskon pada tanggal tersebut diberikan di ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang (Waskita Toll Road), Makasar Seksi IV, Ujung Pandang tahap I dan II (Nusantara Infrastruktur), Tol Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit, Soreang-Pasir Koja (Cipta Marga Nusaphala Persada), JOOR W1 Kebon Jeruk-Ulunami (Jakarta Lingkar Barat Satu), dan Surabaya-Gresik (Margabumi Matraraya)

Pada 15-17 Juni 2018, giliran diskon 10 persen akan diberikan di ruas tol milik Astra, seperti Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono. "Tanggal 8-23 Juni 2018, diskon sebesar 28 persen diberikan di ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) milik Waskita Toll Road," ujar dia. 0 RLS