Senin, 04 Juni 2018

50 Persen Bus di Terminal Pulogebang Belum Uji Kelaikan

Ist.
Beritabatavia.com - Sebanyak 50 persen dari total 14.000 armada bus di Terminal Pulogebang belum menjalankan melakukan pemeriksaan untuk memastikan laik jalan atau tidak (ramp check). Padahal sebagai terminal tipe A, Pulogebang jadi incaran pemudik menuju kampung halaman. Ramp check bus di Terminal Pulogebang agar ditingkatkan.

Seminggu sebelum Lebaran, 80 persen bus di Terminal Pulogebang sudah ramp check. "Kita sedang melakukan suatu peningkatan level of service dari bus. Karena kalau angkutan massal berjalan baik, maka angkutan pribadi bisa berkurang," ujar Menhub Budi saat meninjau kesiapan angkutan Lebaran di Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Minggu, 3 Juni 2018.

Bila bus tersebut tak laik, tak boleh digunakan untuk mengangkut pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran. Begitu pula pada bus-bus yang tidak melakukan ramp check.

Budi meminta kepolisian turut melakukan operasi atau razia pada bus-bus yang mengangkut pemudik. "Saya sudah mengirim surat ke kapolres-kapolres melalui kapolda. Sudah mengirim surat ke pemda-pemda untuk melakukan razia. Bagi bus yang tidak lulus ramp check, enggak boleh beroperasi," tegas Budi.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II itu menegaskan, ramp check untuk bus wajib agar kenyamanan dan keselamatan pemudik terjamin. Budi yakin target 80 persen bus-bus di Pulogebang melakukan ramp check terpenuhi.

"Jadi bus ini memang harus ada upaya dari kita untuk meningkatkan kualitasnya agar dipercaya masyarakat. Kira-kira 30 persen sampai 40 persen PO (Perusahaan Otobus) itu sudah bagus, yang lain belum sadar untuk meng-improve dirinya," tukas Budi. 0 MTV


Berita Terpopuler
Rabu, 20 Juni 2018