Senin, 04 Juni 2018

Tol Becakayu Mahal dan Sepi, Pendapatan Anjlok

Ist.
Beritabatavia.com -
Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang sebagaian sudah difungsikan, ternyata kondisinya sangat memprihatinkan: Sepi. Sepinya akibat tarif masuk tol yang sangat mahal. Akibatnya  Anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Waskita Toll Road mengaku penurunan pendapatan selama pemberian diskon momen mudik Lebaran tahun ini tidak sampai lima persen di ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Padahal, perusahaan memberikan diskon hingga 28 persen selama 16 hari, yakni 8-23 Juni 2018. Sementara, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya hanya memberikan diskon tarif tol sebesar 10 persen selama mudik Lebaran. "Sudah kami hitung, penurunan (pendapatan) kecil tidak sampai lima persen dari angka kalau kami tidak diskonkan," kata Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pihak manajemen berani memberikan diskon terbesar dengan masa waktu terlama karena tol di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) terbilang sepi saat musim mudik. Sehingga, penurunan potensi pendapatan pun tidak signifikan.

"Becakayu kan salah satu tol di Jabodetabek, nah Jabodetabek itu kalau Lebaran kan sepi. Jadi sudah kami hitung selisihnya dengan adanya warga Jakarta ke luar kota angkanya tidak signifikan," papar Herwidiakto.

Terlebih, ia mengklaim belum banyak pengendara roda empat yang melewati tol Becakayu saat ini. Menurut Herwidiakto, tarif tol yang harus dibayar selama masa pemberian diskon menjadi hanya Rp10 ribu dari sebelumnya sebesar Rp14 ribu.

Sebelumnya, BUJT mengumumkan resmi memberikan diskon tarif tol sebesar 10 persen sampai 28 persen selama mudik Lebaran tahun ini. Pemberian diskon ini dibagi menjadi tiga waktu, yakni 13-14 Juni 2018 dan 18-19 Juni 2018, 15-17 Juni 2018, dan 8-23 Juni 2018.

Direktur Astratel Nusantara Sunarto Sastrowiyoto menjelaskan kesepakatan diskon ini bertujuan meminimalisir kemacetan dan membuat pengendara roda empat tidak melakukan perjalanan dalam satu waktu secara bersamaan.

"Untuk membuat pendistribusian lalu lintas jadi lebih baik karena dikahwatirkan biasanya ada puncak-puncak kemacetan, dengan adanya diskon diharapkan terdistribusi dengan baik lalu lintasnya," ujar Sunarto.

Beberapa BUJT yang memberikan diskon selama mudik Lebaran, di antaranya PT Jasa Marga Tbk, PT Hutama Karya (Persero), Waskita Toll Road, PT Nusantara Infrastruktur, PT Citra Marga Nusaphala Persada, PT Jakarta Lingkar Barat Satu, PT Margabumi Matraraya, dan Astratel Nusantara atau Astra Infra Toll Road.

Seluruh BUJT memberikan diskon 10 persen untuk ruas yang dimilikinya. Hal itu juga termasuk Waskita Toll Road untuk ruas tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang. 0 DAY