Senin, 11 Juni 2018

Awal Cuti Lebaran, Lalin Jakarta Lancar

Ist.
Beritabatavia.com - Kondisi arus lalu lintas (Lalin) sejumlah jalan protokol Jakarta dan sekitarnya, hari pertama cuti bersama relatif dalam keadaan lebih lancar dibandingkan hari-hari biasa.  Saat menaiki kendaraan umum dari Ciputat menuju ke kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (11/6) pagi, hanya perlu menempuh waktu 35 menit, padahal pada hari-hari biasa bisa mencapai hingga sekitar 1,5 jam.

Sejumlah jalan yang terpantau relatif lebih lancar dibanding hari biasa, antara lain jalan utama Jakarta seperti Jalan Sudirman, Jalan S Parman, Jalan MH Thamrinm jalan Gatot Subroto, kawasan Kuningan, kawasan Mampang Prapatan, kawasan Slipi nampak lenggang.

Begitu pula dengan informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya yang menyampaikan bahwa situasi lalu lintas seperti
terjadi kepadatan di pintu keluar tol Semanggi arah Slipi atau depan Mapolda Metro Jaya.

Demikian pula kondisi lalu lintas Tol Cikampek baik yang dari arah Bandung menuju Jakarta maupun arah sebaliknya terpantau ramai lancar, namun masih ada kepadatan pada sejumlah titik seperti di sekitar Kilometer 14. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran 2018 sebanyak tujuh hari kerja, yaitu pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni.

Meski saat ini telah masuk cuti bersama, namun aktivitas warga di daerah satelit ke kota Jakarta tetap ramai. Salah satunya yang menggunakan moda transportasi commuter line atau transjakarta.

Kereta commuterline hari ini dari Depok menuju Jakarta tetap ramai meski tak terlalu padat. Hal ini berbeda dengan hari-hari biasanya di mana dalam setiap gerbong biasanya selalu padat dari arah Depok menuju Jakarta pada jam berangkat kerja.

Jika di dalam wilayah DKI Jakarta umumnya lancar, hal berbeda justru terjadi di dalam tol ruas Jakarta-Cikampek. Kepadatan tampak sudah terlihat dari tol lingkar luar maupun dari arah Cawang yang menuju Simpang Cikunir. Sementara itu, arah sebaliknya yang menuju ke arah Jakarta justru tampak lancar.

Kepadatan juga terlihat di ruas tol Jakarta-Tangerang dari mulai bawah flyover Kebon Jeruk hingga memasuki pintu tol di Tomang. Namun, keramaian kendaraan itu tak begitu padat seperti pada hari kerja biasanya. 0 DAY