Kamis, 14 Juni 2018

Target Ancol 1,2 Juta Pengunjung Saat Libur Lebaran

Ist.
Beritabatavia.com -

Sepanjang musim liburan Lebaran 2018, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, memprediksi jumlah masyarakat menembus 1,2 juta pengunjung. Karena itu, Ancol melakukan berbagai perbaikan termasuk wahana hingga meningkatkan pengamanan.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Paul Tehusijarana mengaku pihaknya melakukan persiapan menghadapi ledakan pengunjung setiap tahun. Dan momen lebaran tahun ini persiapan yang sama juga dilakukan. Apalagi libur lebaran lebih panjang.

"Ada beberapa hal yang kami persiapkan, termasuk perbaikan di wahana maupun di lingkungan sekitar Ancol. Kemudian dari segi pengamanan kami sudah kerja sama dengan Satpol PP, polisi untuk menyiapkan pengamanan selama masa liburan," kata Paul, di Taman Impian Jaya Ancol, di Jakarta Utara, Rabu (13/6).

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan pengaturan lalu lintas Ancol selama waktu liburan Idul Fitri 1439 Hijriyah. Iya menyebut pengaturan lalu lintas dilakukan karena untuk membantu lalu lintas lebih lancar dan kenyamanan pengunjung Ancol.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai Ancol sudah relatif siap dalam menghadapi membludaknya pengunjung selama libur lebaran kali ini. "Ancol kelihatannya siap," ujarnya.

Tak hanya Ancol, ia memprediksi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan juga mendapatkan ledakan pengunjung yang bisa mencapai 100 hingga 200 ribu orang. Rencananya ia juga akan mengecek kesiapannya.

Sementara itu, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mentargetkan jumlah pengunjung mencapai 800 ribu orang. Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha UP TMR, Ketut Widarsana mengatakan, libur Lebaran kali ini terhitung cukup lama, tepatnya mulai 15-24 Juni. Sehingga diperkirakan jumlah pengunjung akan meningkat tajam. "Kami perkirakan selama 10 hari libur Lebaran jumlah pengunjung mencapai 800 ribu orang atau rata-rata 80 ribu orang per hari," kata Ketut.

Selama libur Lebaran, ada beberapa satwa yang menjadi favorit pengunjung. Di antaranya seperti Jerapah, Gajah, dan Pusat Primata Schmutzer. Namun saat libur Lebaran kali ini, pihaknya tak menyediakan atraksi khusus. "Tapi kami sudah ada beberapa atraksi yang bisa dinikmati seperti Kuda Tunggang, Unta Tunggang, Gajah Tunggang, Taman Satwa Anak, serta lainnya," ucapnya.

Harga tiket masuk ke TMR saat libur Lebaran tidak ada perubahan. Pengunjung dewasa dikenakan tiket Rp 4.000 per orang dan anak-anak Rp 3.000. Sementara tiket masuk ke Pusat Primata Schmutzer dikenakan Rp 7.500. "Tiket tetap sama dan masih terjangkau bagi warga. Banyak juga yang berwisata ke TMR dari luar kota," tandasnya. 0 NIZ