Kamis, 21 Juni 2018

Piala Dunia, Maroko & Mesir Tersingkir

Ist.
Beritabatavia.com -
Timnas Portugal berhasil mempecundangi timnas Maroko dengan skor 1-0 pada gelaran Piala Dunia 2018, Rabu, (20/6/2018) malam di stadion Luzhniki, Rusia. Maroko mendominasi jalannya laga selama 90 menit dan punya banyak tembakan. Namun tak satu pun gol yang bisa dilesakkan.

Portugal cuma punya dua tembakan ke gawang. Dari jumlah itu satu gol berhasil dilesakkan lewat sundulan Cristiano Ronaldo di menit keempat. Gol tunggal Ronaldo itu membuat Maroko kalah 0-1 dan menjadi tim pertama yang tersingkir di Piala Dunia 2018. Maroko belum meraih poin dari dua laga yang dilalui, setelah sebelumnya kalah dengan skor yang sama dari Iran.

Di tempat terpisah, Tuan rumah Rusia memperkuat posisi dalam Piala Dunia 2018 yang berhasil lolos pada babak 16 besar, setelah semalam mengalahkan skuad timnas Mesir 3-1. Jika pada pertandingan sebelumnya Rusia membantai Arab Saudi 5-0, maka kali ini Mesir digunduli 3-0. Kehadiran Mohamed Salah di Stadion Saint Petersburg, Rusia, ini ternyata tak mengubah banyak nasib Mesir pada laga kali ini.

Yang menyakitkan, gol pertama Rusia justru terjadi akibat gol bunuh diri kapten tim Mesir, Ahmed Fathi, pada menit ke-47. Tm beruang merah kemudian memperbesar kemenangan mereka dengan gol yang disarangkan Denis Cheryshev pada menit ke-59 dan Artem Dzyuba pada menit ke-62. Satu-satunya gol balasan Mesir disarangkan Mohamed Salah lewat tendangan penalti pada menit ke-73.

Sejak peluit awal, Rusia langsung menekan pertahanan Mesir dengan umpan-umpan pendek dan menghasilkan peluang gol dari sundulan Sergey Ignashevich yang masih tertuju kepada kiper Mesir Mohamed Elshenawy. Serangan demi serangan dipertontonkan kedua tim yang sama-sama terlihat kesulitan menembus pertahanan lawan.

Kesempatan didapatkan Mesir untuk membuka gol di sia-siakan oleh Mahmoud Hasan Trezeguet dengan tendangan melengkungnya masih tidak terarah ke gawang Rusia.

Mesir berbalik menekan pertahanan lawan dengan umpan dari sisi kiri yang masih bisa disapu oleh kokohnya bek Rusia. Serangan-serangan balik tim Mesir yang efektif membuat Mohamed Salah dan Marwan Mohsen berkali-kali mendapatkan peluang terjadinya gol tapi masih tidak bisa menggetarkan gawang Igor Akinfeev. Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang terjadi.

Babak kedua dimulai dengan gol bunuh diri oleh kapten Mesir Ahmed Fathi yang salah mengantisipasi datangnya bola dan masuk ke gawang sendiri. Momentum berpindah ke tim Rusia yang terlihat lebih lepas dalam memulai penyerangan.

Kesalahan kembali diperlihatkan pemain Mesir yang membuat gawangnya harus rela kemasukan gol tambahan berkat tendangan Denis Cheryshev yang lepas dari kawalan di menit ke-59. Tidak lama kemudian, pada menit ke-61 Artem Dzyuba menceploskan gol ke tiga untuk Rusia saat bek Mesir belum siap menerima serangan.

Mesir masih berusaha mengejar ketertinggalannya tapi tendangan Mahmoud Hasan Trezeguet yang tidak terjaga bek Rusia masih bergulir tipis di sisi gawang. Mohamed Salah berhasil memecah kebuntuan Mesir dari titik penalti pada menit ke-73, setelah dilanggar di dalam kotak penalti.

Setelah gol Mohamed Salah, Mesir lebih menekan dan terburu-buru dalam merebut dan menyerang tapi masih kebuntuan dalam mencetak gol. Sedangkan tim Rusia terlihat lebih santai dengan keunggulan dan bermain penguasaan bola. Pertandingan ini berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Rusia yang berada di puncak klasemen grup dengan total 6 poin.0 DAY