Sabtu, 23 Juni 2018

Piala Dunia, Swiss Tempel Brasil di Puncak Grup E

Ist.
Beritabatavia.com -
Swiss berhasil memetik kemenangan perdana di lanjutan Piala Dunia 2018 grup E. Setelah imbang 1-1 dengan Brasil di laga perdana, tim berjuluk Rossocrocriati kali ini menang atas Serbia di laga kedua yang digelar di Stadion Kaliningrad, Sabtu (23/6) dini hari WIB dengan skor 2-1.

Swiss tertinggal lebih dulu oleh Serbia lewat gol yang dicetak Aleksandar Mitrovic di menit kelima. Swiss baru bisa membalas di babak kedua tepatnya di menit 52 lewat aksi gelandang Arsenal Granit Xhaka. Kemenangan Swiss ditentukan lewat gol Xherdan Shaqiri di penghujung laga tepatnya di menit 90.

Gol Mitrovic terjadi cukup cepat. Tim asuhan Mladen Krstajic itu mengambio inisiatif permainan sejak wasit asal Jerman Felix Brych meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai. Swiss membuat kesalahan ketika Stevan Zuber blunder di menit kelima.

Dusan Tadic yang dapat mencuri bola kemudian melepaskan umpan lambung ke mulut gawang. Mitrovic yang sudah siap membaca arah bola tanpa berpikir panjang menanduk bola. Tandukan pemain Newcastle United itu tak bisa dihalangi oleh kiper Swiss Yann Somer. Skor 1-0 langsung tercipta untuk keunggulan Serbia.

Swiss baru bisa membalas ketika laga memasuki babak kedua. Gol Xhaka tercipta cukup indah. Gol berawal dari aksi striker Shaqiri yang melepaskan sepakan langsung ke arah gawang. Tapi bola masih bisa diblok oleh kiper Serbia Vladimir Stojkovic. Tapi bola muntah dapat dikuasai oleh Xhaka di luar kotak penalti.

Gelandang 25 tahun itu melepaskan tendangan spekulasi keras dan terarah. Bola pun menghujam taham ke gawang Stojkovic. Gol ini membuat kedudukan jadi sama kuat 1-1.

Gol yang ditunggu-tunggu Swiss untuk mengamankan tiga angka datang di saat laga hendak berakhir. Shaqiri berupaya sendirian berduel dengan bek Serbia di depan. Striker yang membela Stoke City itu dapat lolos dan tinggal berduel dengan Stojkovic. Dengan cerdik eks pemain Inter Milan itu dapat mengelabui Stojkovic dan menyarangkan bola ke gawang Serbia. Gol pertama Shaqiri ini memastikan tiga angka buat Swiss.

Kemenangan ini membawa Swiss menempel Brasil di puncak klasemen grup E dengan koleksi empat poin. Peluang Swiss cukup  lebar agar bisa lolos ke 16 besar. Kuncinya minimal mereka tidak kalah di laga terakhir melawan Kosta Rika. Dengan catatan di laga lain Brasil dapat mengalahkan Serbia yang sementara mengoleksi tiga poin. 0 BAIM