Jumat, 29 Juni 2018

Jakarta Gelar Festival Obor Asian Games 2018

Ist.
Beritabatavia.com -

Menjelang perhelatan olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018, Pemprov DKI Jakarta mengadakan Festival Jelang Obor Asian Games 2018. Festival ini, diselenggarakan di lima wilayah kota serta Kabupaten Kepulauan Seribu yang meliputi 44 kecamatan dan 267 kelurahan, pada 1 hingga 15 Juli 2018.

Melalui tema “Mengajak Masyarakat Jakarta Menyambut dan Memeriahkan Asian Games Tahun 2018”, festival di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan dimulai pada 1 Juli 2018. Selanjutnya, di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat mulai 8 Juli 2018, serta di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada 15 Juli 2018.

Kegiatan ini menjadi salah satu sarana promosi dan sosialisasi Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus 2018. Dalam pelaksanaan festival akan ada replika obor yang dibawa berlari di setiap kelurahan oleh enam regu pelari. Selain atlet, pelari pengiring pembawa obor akan melibatkan tokoh masyarakat, warga berprestasi, serta pelajar.

Festival ini bersifat partisipatif kolaboratif dari masyarakat yang akan menjadi bagian dari Asian Games Tahun 2018. Mengingat Asian Games merupakan event besar berskala internasional yang dapat menjadi kesempatan untuk mempromosikan sektor pariwisata.

Selain itu, Festival Jelang Obor Asian Games ke 18 2018 ini akan memberikan dampak positif pada sosialisasi sekaligus mengajak masyarakat untuk gaya hidup sehat dengan berolahraga, yaitu berlari. Bahkan dapat menumbuhkan perekonomian karena diperkirakan akan terbuka 45 ribu lapangan kerja melalui penyelenggaraan Asian Games.

Festival ini melibatkan tokoh masyarakat, pemuda berprestasi penggiat sosial olahraga, pelajar serta kesenian di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Dalam festival ini ada enam regu pelari setiap kelurahan se Jakarta plus Kepulauan Seribu.

Mereka akan membawa replika obor Asian Games. Replika obor ini akan dibawa berlari di setiap kelurahan oleh enam regu pelari. Satu regu terdiri dari 11 orang dengan komposisi 1 pembawa replika obor merupakan tokoh masyarakat.

Para pelari ini masing-masing akan berlari sejauh 500 meter dan estafet. Replika obor yang dibawa akan diberikan ke grup selanjutnya.
Festival Jelang Obor ini bertujuan untuk mengebarkan demam Asian Games ke seluruh lapisan warga Jakarta.

Asian Games digelar di Jakarta dan Palembang dari 18 Agustus sampai 2 September 2018. Asian Games akan disemarakkan Torch Relay International diliput dan disiarkan ke-45 official broadcaster negara peserta, serta negara-negara lain di luar. 0 DAY


Berita Terpopuler