Minggu, 01 Juli 2018

Minum Obat tanpa Minum, Awas Berbahaya Lhoo...

Ist.
Beritabatavia.com - Sebagian orang mungkin merasa bahwa minum air putih bukan hal yang penting dilakukan setelah mengonsumsi obat. Padahal, melewati minum air putih setelah mengonsumsi obat merupakan hal yang tidak normal dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Seperti dilansir Times of India, setidaknya ada lima hal berbahaya yang mungkin terjadi ketika seseorang tidak minum air putih setelah mengonsumsi obat. Berikut ini adalah kelima bahaya tersebut.

#. Membahayakan Kerongkongan
Menelan obat pil atau tablet tanpa minum air putih dapat membahayakan esofagus atau kerongkongan. Alasannya, obat pil maupun tablet dapat menyebabkan robekan minor ketika obat tersebut melewati kerongkongan.

#. Obat Tersangkut
Tanpa minum air, obat pil maupun tablet yang ditelan dapat tersangkut di dalam kerongkongan. Obat yang tersangkut di dalam kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada kerongkongan. Iritasi dan inflamasi ini dapat memicu terjadinya heartburn dan nyeri pada dada, bahkan pendarahan. Risiko ini sangat bergantung pada ukuran pil atau tablet yang tersangkut di dalam kerongkongan.

#. Tak Bisa Merasakan Sakit
Kerongkongan tidak memiliki saraf rasa sakit sehingga seseorang akan sulit merasakan nyeri dengan cepat ketika terjadi sesuatu di dalam kerongkongan. Kondisi ini dapat membuat seseorang yang menelan obat pil maupun tablet tanpa minum tidak menyadari apakah obat yang mereka telan benar-benar sudah turun ke saluran pencernaan atau tersangkut di kerongkongan. Hal ini dapat menjadi masalah karena kerongkongan terbuat dari jaringan yang lembut dan bisa mengalami kerusakan akibat obat pil atau tablet yang tersangkut. Jika hal ini terjadi, masalah seperti dehidrasi berat dan bahkan pendarahan yang nyeri bisa timbul.

#. Ulkus pada Kerongkongan
Praktik menelan pil atau tablet tanpa minum air yang dilakukan cukup sering dapat menyebabkan timbulnya ulkus atau luka pada kerongkongan. Sebuah studi dalam Turkish Journal of Gastroenterology menyatakan jenis obat apapun dapat menyebabkan timbulnya ulkus jika dikonsumsi tanpa air putih setelahnya. Risiko ini bahkan berlaku untuk tablet vitamin C kunyah.

#. Yang Harus Dilakukan
Untuk menghindari risiko-risiko merugikan ini, cara terbaik adalah membiasakan diri meminum air putih setelah mengonsumsi obat tablet maupun pil. Biasakan pula untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup yaitu delapan gelas air putih per hari untuk mengurangi risiko merugikan pada kerongkongan. Posisi saat minum obat juga memegang peranan penting. Posisikan diri dalam keadaan berdiri atau duduk saat minum obat. Jangan pernah menelan obat dalam posisi berbaring. 0 ERZ