Senin, 02 Juli 2018

HUT Bhayangkara, Kapolri Ziarah ke Makam Pahlawan

Ist.
Beritabatavia.com -
Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama jajaran pejabat Markas Besar Polri melakukan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (2/7). Tito yang berlaku sebagai Inspektur upacara tersebut mengatakan, kegiatan ini serangkaian dengan Perayaan Hari Jadi Bhayangkara ke-72 yang jatuh pada 1 Juli 2018.

Tito menuturkan, ia tidak menggelar upacara besar besaran yang terpusat dalam perayaan hari jadi Bhayangkara ini. Pasalnya, kata dia, Polri sedang berkonsentrasi dengan hajatan besar nasional, yakni mengamankan pemilihan kepala daerah serentak.

Sehingga, personel Polri sebagian besar tersebar ke 171 daerah penyelenggara pilkada. "Saya tidak ingin mengganggu anggota yang bertugas," kata Tito di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (2/7).

Kendati demikian, Tito juga mempersilakan anggotanya yang tidak bertugas dalam gelaran pilkada serentak ini untuk merayakan hari jadi Bhayangkara bersama satuan masing-masing. Ia membebaskan bentuk kegiatan tersebut, baik berupa upacara, olahraga bersama maupun syukuran.

Tito berharap di hari jadi Bhayangkara ke-72 ini Polri dapat memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat Indonesia. Apalagi, Tito mengklaim bahwa kepercayaan masyarakat pada Polri mencapai 80 persen.  "Di Hut Bhayangkara ke 72 ini, semoga tetap jaya," kata Tito.

Upacara di Kalibata berlangsung cukup singkat, dimulai pukul 07.45 WIB hingga 08.00 WIB. Rangkaian upacara adalah mengheningkan cipta dan menaruh karangan bunga pada monumen.Peserta upacara terdiri dari polisi yang berdinas di Mabes Polri, siswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Bhayangkari Polri dan PNS Polri.

Beberapa mantan Kapolri dan petinggi Polri juga hadir, di antaranya Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, Jenderal (Purn) Timur Pradopo, Jenderal (Purn) Dai Bachtiar dan Komjen (Purn) Adang Daradjatun.

Setelah upacara, Tito didampingi istri Tri Suswati dan para pimpinan Polri terdahulu mengunjungi pusara delapan pahlawan revolusi antara lain Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Letjen Anumerta Suprapto, Letjen Haryono, Letjen S Parman, Mayjen Pandjaitan, Mayjen Sutoyo, Kapten Pierre Tendean, Aipda KS Tubun. Rombongan juga menabur bunga dan memanjatkan doa di pusara enam mantan Kapolri. 0 REO
Berita Terpopuler