Rabu, 04 Juli 2018

Piala Dunia, Kutukan Adu Penalti Inggris Berakhir

Ist.
Beritabatavia.com -
Timnas Inggris mengakhiri kutukan adu penalti di Piala Dunia setelah menang atas Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Rabu (4/7) dini hari WIB. Keberhasilan Jordan Pickford memblok tendangan Carlos Bacca dan eksekusi penalti Mateus Uribe yang mengenai mistar gawang membuat Inggris menang adu penalti 4-3 atas Kolombia di babak 16 besar.

Ini adalah kali pertama dalam empat kesempatan timnas Inggris menang adu penalti di Piala Dunia. Sebelumnya The Three Lions selalu dihantui kutukan adu penalti setelah gagal pada Piala Dunia 1990, 1998, dan 2006.

Pada Piala Dunia 1990, timnas Inggris kalah dari Jerman Barat lewat adu penalti di babak semifinal. Ketiga itu dua eksekutor gagal Inggris adalah Stuart Pearce dan Chris Waddle.

Delapan tahun kemudian kutukan Piala Dunia bagi timnas Inggris berlanjut. Kali ini Inggris tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan Argentina lewat adu penalti pada laga yang diwarnai kartu merah David Beckham.

Ketika itu Paul Ince dan David Batty menjadi dua eksekutor gagal timnas Inggris. Sementara kiper Inggris David Seaman hanya mampu menahan satu eksekutor penalti Argentina, yakni Hernan Crespo.

Sementara pada Piala Dunia 2006 tiga eksekutor penalti timnas Inggris gagal melakukan tugasnya saat adu penalti melawan Portugal di babak perempat final. Ketiga pemain itu adalah Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Jamie Carragher.

Kini Inggris berhasil mengakhiri kutukan adu penalti di Piala Dunia setelah mengalahkan Kolombia. Kali ini hanya ada satu penendang penalti Inggris yang gagal, yakni Jordan Henderson.

Kiper Jordan Pickford juga mencetak rekor saat adu penalti melawan Kolombia. Kiper Everton itu menjadi penjaga gawang pertama Inggris yang mampu menggagalkan penalti dalam adu penalti di Piala Dunia sejak Seaman pada 1998. 0 CIO
Berita Terpopuler