Kamis, 05 Juli 2018

Pilpres 2019: JK Tolak Tawaran Demokrat, Pilih Bantu Jokowi

Ist.
Beritabatavia.com -
Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menegaskan Jusuf Kalla (JK) menolak tawaran Partai Demokrat untuk maju dalam Pilpres 2019. Sebelumnya, JK dikabarkan akan maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di tahun depan.

"Ndak, Dia (JK) sudah tolak, dia enggak mau, sudah kasih tau ke Demokrat dia tidak bisa lagi," ungkap Sofjan kepada wartawan saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Rabu kemarin.

Pasalnya, JK sendiri menginginkan untuk tidak lagi terjun di dunia politik. Tapi di sisi lain, JK masih menginginkan untuk membantu Joko Widodo dalam Pilpres nanti. "Dia (JK) mau pensiun aja dia bilang, tapi dia pasti bantu pak Jokowi lah, jadi apapun dia ndak peduli," tambah Sofjan.

Duet AHY-JK mencuat setelah Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Demokrat Imelda Sari sebelumnya mengatakan, Demokrat sudah mengadakan poling internal terkait Pilpres 2019. Hasilnya, 90% kader menginginkan adanya Koalisi Alternatif di luar koalisi Presiden Joko Widodo dan kelompok oposisi.

"Salah satu nama yang kami anggap kapabel, baik secara elektabilitas dan pengalaman salah satunya kepemimpinan Pak JK yang pernah bersama sama Pak SBY juga," ujar Imelda sambil menambahkan, wacana menduetkan Kalla dan AHY sebenarnya sudah muncul di kalangan internal sejak lama. 0 PKO