Minggu, 08 Juli 2018 09:36:43

Kebakaran Gedung Kemenhub Telan 3 Orang Tewas

Kebakaran Gedung Kemenhub Telan 3 Orang Tewas

Beritabatavia.com - Berita tentang Kebakaran Gedung Kemenhub Telan 3 Orang Tewas

Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, terbakar pada Minggu pukul 04.00 WIB. Api muncul di satu ...

    Kebakaran Gedung Kemenhub Telan 3 Orang Tewas Ist.
Beritabatavia.com -
Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, terbakar pada Minggu pukul 04.00 WIB. Api muncul di satu ruangan di lantai 25 Kantor Kementerian Perhubungan. Beberapa tukang yang melakukan renovasi terjebak di lantai 18. Akibatnya 3 orang ditemukan tewas mengenaskan.

Ruangan lantai 18 Gedung Kemenhub sedang direnovasi, ada tukang terjebak dan ditemukan untuk sementara 3 orang pekerja tewas akibat tak ada oksigen, ujar Kapolres Jakpus Kombes Pol Roma Hutajulu saat dikonfirmasi.

Dijelaskan, korban tewas ditemukan di lantai 5 dan 12, diduga meninggal dunia akibat asap tebal yang menyebabkan oksigen menipis. ketiga orang itu dua pekerja renovasi dan satu orang pegawai Kementrian Perhubungan. Jadi telah ditemukan tiga orang laki-laki yang sudah meninggal karena kehabisan oksigen, lebih banyak CO2. Ketiga korban berada di RSCM, katanya.

Ataf Kementerian Perhubungan, Supandi menjelaskan kronologi terjadinya kebakaran. Supandi mengatakan, karena ruang di lantai 18 Kementerian Perhubungan tengah direnovasi, dia mendapat tugas dari atasannya untuk menjaga atau menjadi mandor bagi para tukang yang bertugas. Karena rumahnya dekat dari Kantor Kementerian Perhubungan, Supandi diperkenankan memantau tukang dari kediamannya.

Saat subuh tiba, dia menerima informasi bahwa kantornya bekerja terbakar. Supandi lantas bergegas ke kantor dan mendapati kantornya sudah dipenuhi asap. Supandi mengatakan, jendela di lantai 18 tempat tukang bekerja terbuka, dan para tukang tampak berteriak dari jendela itu.

Karena tidak terdengar, para tukang menuliskan pesan di suatu kertas dan menjatuhkan kertas itu ke bawah. Isi pesannya: Tolong, disini banyak asap, tangga darurat gelap, ujar Supandi.

Dia mengatakan, berdasarkan dugaan sementara, api berasal dari lantai parkir P5 atau P6. Di tempat itu terdapat genset dan server.
Mungkin karena disitu terbakar, jadi asap membumbung sampai ke lantai paling atas, menyebabkan tangga darurat gelap dipenuhi asap, tukang tidak bisa keluar, ujar dia.

Hingga saat ini petugas masih berusaha mengevakuasi para tukang di lantai 18. Selain itu ada pula karyawan yang terjebak di lantai 11.
Semua korban yang terjebak masih mengirimkan pesan melalui berbagai media, antara lain kertas, kardus air mineral dan lain-lain.

Kini api sudah berhasil dipadamkan namun asap hitam masih mengepul tebal. Penyisiran tengah dilakukan untuk mencari korban lainnya di dalam gedung. Sebanyak 17 unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi. 0 ERZ



Berita Lainnya
Rabu, 13 Maret 2024
Selasa, 12 Maret 2024
Sabtu, 09 Maret 2024
Jumat, 08 Maret 2024
Jumat, 08 Maret 2024
Jumat, 08 Maret 2024
Kamis, 07 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Senin, 04 Maret 2024
Sabtu, 02 Maret 2024