Selasa, 14 Agustus 2018

Janda Pensiunan Tentara Korban KSU Rizky Abadi

Ist.
Beritabatavia.com - Endang Supriati janda almarhum Sumardi Astrianto mantan anggota Kodim Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) jadi korban Koperasi Serba Usaha (KSU) Rizky Abadi. Pasalnya, hingga saat ini, Endang Supriati belum bisa mengurus pensiun janda, akibat SK pensiun almarhum suaminya belum dikembalikan oleh KSU Rizky Abadi.

“Suami saya meninggal pada Juni 2017 lalu, tapi SK pensiunnya belum dikembalikan oleh KSU Rizky Abadi,” kata Endang Supriati dengan raut wajah pasrah, saat ditemui di  perumahan Pagak Indah Sumbersari,Banyu Urip, Puworejo, Jateng, Senin (13/8). Dia juga mengaku bingung dan tidak tahu lagi harus mengadu kemana.

Menurut Endang, hingga saat ini belum bisa mengurus pensiun janda. Sebab SK pensiun asli suaminya belum dikembalikan oleh KSU Rizky Abadi. Padahal, semua kewajiban sebagai nasabah sudah dilunasi lewat ansuransi yang telah dikleim oleh KSU Rizky Abadi.

“ Saya hanya menuntut hak saya, tapi pihak Rizky Abadi tidak memberikan jawaban.Saya harus bagaimana lagi,” ujar Endang Supriati, sedih. Dia menambahkan, meskipun semuanya sudah dipercayakan ke Kodim Purworejo, tapi belum tentu urusan pensiun jandanya akan bisa diurus, karena SK pensiun suaminya masih ditahan KSU Rizky Abadi.

KSU Rizky Abadi yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat (Jabar) melakukan ekspansi ke wilayah Jateng pada 2014. KSU Rizky Abadi membuka kantor cabang untuk wilayah Jateng  di Magelang, Temanggung, Wonogiri, Surakarta , Sragen,Salatiga,Boyolali dan Purworejo, Klaten,Solo, Jogjakarta dan sejumlah wilayah lainnya di daerah Jateng.

KSU Rizky Abadi menyasar para pensiunan PNS, TNI dan Polri untuk dijadikan nasabah.Dalam operasionalnya pihak KSU Rizky Abadi melakukan perjanjian kerjasama dengan BUMN yaitu Kantor Pos Indonesia wilayah Jateng.
 
Kehadiran KSU Rizky Abadi di daerah Jateng sejak 2014 silam mulai menuai beragam permasalahan.Hingga akhirnya Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Puworejo, Jawa Tengah, berjanji akan menghentikan kegiatan KSU Rizky Abadi, karena tidak memiliki izin operasional. 

“Karena tidak memiliki izin operasional, kita akan hentikan kegiatan Koperasi Rizky Abadi, tetapi kita akan berikan waktu sebagai toleransi untuk menyelesaikan urusan administrasi maupun urusan hutang piutang dengan nasabahnya,” kata Nurhayati, Kasi Kelembagaan Dinkop Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Nurhayati juga mengakui, pihaknya sudah banyak menerima laporan maupun pertanyaan keberadaan Koperasi Rizky Abadi di daerah Purworejo. Setelah dilakukan ferivikasi dan dipastikan bahwa koperasi Rizky Abadi belum memiliki izin operasional.

Perihal KSU Rizky Abadi belum memiliki izin operasional dikuatkan dengan surat Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo, Gandi Budi  Supriyanto kepada Kapolsek Purworejo terkait penjelasan izin operasional KSU Rizky Abadi.

Dalam surat bernomor 518/5794/2018  tertanggal 8 Agustus 2018 dikatakan, bahwa KSU Rizky Abadi yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat, belum mengajukan permohonan pembukaan jaringan pelayanan ke Pemkab Purworejo, sesuai dengan peraturan Menteri Koperasi  Nomor 15/KUKM/2015. Sehingga KSU Rizky Abadi tidak terdaftar di Kabupaten Purworejo. O son


Berita Terpopuler
Sabtu, 17 November 2018