Jumat, 31 Agustus 2018 17:33:58

Presiden Jokowi Bangga Indonesia Ikut Jaga Perdamaian Dunia

Presiden Jokowi Bangga Indonesia Ikut Jaga Perdamaian Dunia

Beritabatavia.com - Berita tentang Presiden Jokowi Bangga Indonesia Ikut Jaga Perdamaian Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga bahwa Indonesia ditunjuk sebagai misi perdamaian di Republik Demokratik Kongo dan Lebanon.Menjaga perdamaian dan ...

  Presiden Jokowi Bangga Indonesia Ikut Jaga Perdamaian Dunia Ist.
Beritabatavia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga bahwa Indonesia ditunjuk sebagai misi perdamaian di Republik Demokratik Kongo dan Lebanon.Menjaga perdamaian dan ketertiban dunia adalah amanat konstitusi kita, sebagai wujud kontribusi Indonesia untuk dunia.

Indonesia punya sejarah panjang dalam perdamaian dunia. Kontingen Garuda di Sinai sejak 1957, hanya satu dekade sejak kemerdekaan Indonesia, papar Jokowi pada Upacara Pemberangkatan Satgas Rapidly Deployable Battalion (RDB) Kontingen Garuda XXXIX-A/Monusco Kongo dan Marine Task Force (MTF) XXVII-K Unifil Lebanon, di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8).

Sejak tahun 1957, menurut Presiden, Indonesia telah mengirimkan lebih dari 38.000 pasukan penjaga perdamaian PBB. Saat ini, Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara pengirim pasukan pemelihara perdamaian PBB. Dan dengan keberangkatan hari ini, maka pasukan Indonesia yang bertugas saat ini berjumlah 3.532 personel.

Artinya, kita telah mencapai 88,3% dari target 4.000 personel yang kita canangkan, ujar Presiden Jokowi seraya menginstruksikan, agar target 4.000 segera tercapai.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kebanggaannya yang lain pada kontingen Garuda, karena akan memakai produk strategis dalam negeri dalam menjalankan misinya, menggunakan alutsista buatan anak bangsa. Ini sekaligus menjadi etalase bagi kehandalan produk industri strategis negara kita Indonesia, ucap Presiden.

Kepala negara juga menyampaikan bahwa kiprah Kontingen Garuda di berbagai misi PBB selalu diterima dan dihargai, khususnya oleh masyarakat setempat. Garuda Indonesia, menurut Presiden, selalu dapat berbaur dengan masyarakat sekitar, menghormati adat dan istiadat masyarakat lokal.

Kontribusi Indonesia, ungkap Presiden, tidak terbantahkan. Ia menyebutkan, Indonesia memiliki potensi, memiliki rekam jejak, dan memiliki sejarah panjang. Ini adalah kepercayaan terhadap bangsa Indonesia sekaligus amanat yang harus kita pikul dan kita tunaikan bersama, kata Presiden.

Presiden berpesan kepada pasukan Garuda Indonesia di seluruh dunia agar menjaga nama baik bangsa, patuhi hukum setempat, selalu ikuti prosedur berlaku. Pahami dan hormati budaya setempat. Tunjukkan profesionalisme, disiplin, dedikasi, dan loyalitas. Jagalah sikap dan perilaku Saudara-saudara dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat dan pasukan dari negara-negara lain, tegas Presiden.

Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada pasukan Garuda Indonesia yang telah rela berkorban dan secara profesional bertugas dalam misi PBB, meskipun jauh dari keluarga dan orang-orang yang disayangi.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi. 0 SET

 
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Minggu, 19 Februari 2023
Jumat, 17 Februari 2023
Minggu, 20 November 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 30 Mei 2022
Rabu, 27 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 08 Mei 2020