Rabu, 05 September 2018

LRT Jakarta Kantongi Izin Uji Operasi

Ist.
Beritabatavia.com - PT Light Rail Transit Jakarta segera menggelar uji operasi untuk umum. Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mengklaim telah mengantongi izin dari Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta setelah sebelumnya juga telah terbit rekomendasi dari Kementerian Perhubungan. “Kemarin izinnya sudah terbit,” kata Allan lewat pesan pendek pada Rabu (5/9/2018).

Dalam uji operasi nanti, lanjut Allan, sejumlah perwakilan dari masyarakat akan diundang. Misalnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Pemerintah Provinsi Jakarta dan Kementerian terkait, pegawai kecamatan, serta pelajar dan mahasiswa dari sekolah dan universitas di sekitar koridor LRT Jakarta. Allan belum memastikan kapan undangan tersebut akan disebar. “Sedang dalam proses,” ujar dia.

Sebelumnya, uji coba LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading yang direncanakan pada 10 Agustus 2018 batal dilakukan. Alasannya, izin untuk uji operasi kereta ringan ini belum diperoleh dari Kementerian Perhubungan.

Setelah itu, Allan menggeser targetnya menjadi 15 Agustus 2018, namun kembali diundur dan diganti sementara dengan uji operasi internal.

Uji operasional internal LRT itu dilakukan pada 15 Agustus-14 September 2018. Pengujian, kata Allan, dilakukan setiap hari selama pukul 14.00-17.00 WIB dengan menggunakan dua rangkaian kereta LRT yang terdiri dari empat gerbong.

Kementerian Perhubungan belakangan sudah menerbitkan rekomendasi teknis untuk LRT Jakarta pada 21 Agutus 2018 lalu. Ini yang kemudian melapangkan turunnya izin dari Dishub DKI yang disebut Allan turun pada Selasa 4 September 2018 itu. 0 TMP