Kamis, 06 September 2018

Tak Kembalikan Barang, Politisi Demokrat Dijerat Pidana

Ist.
Beritabatavia.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md menyarankan Politisi senior Partai Demokrat Roy Suryo untuk mengembalikan 3.226 unit barang milik negara yang dia bawa saat tak lagi menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Kalau itu memang aset negara maka harus diambil oleh negara," kata Mahfud usai dialog Kebangsaan di Kampus UII, Yogyakarta, Rabu 5 September 2018.

Mahfud mengaku tidak tahu persis kasus yang menimpa Roy Suryo terkait barang itu. Namun jika memang itu bukan barang pribadi Roy Suryo maka harus dikembalikan kepada negara. "Saya tidak tau itu kasusnya apa benar, saya kira itu harus dijelaskan," katanya.

Ia mengatakan ada tiga cara mengembalikan barang tersebut jika memang milik negara. Pertama diminta untuk mengembalikan secara sukarela. "Satu suruh mengembalikan karena itu milik negara, disuruh mengembalikan secara sukarela. Kalau tidak mau ya dirampas," katanya.

Namun, jika memang tidak mau mengembalikan barang tersebut maka negara bisa mempidana mantan pejabat tersebut. Hal ini harus dilakukan jika pejabat tersebut tetap tidak mau mengembalikan dan barangnya sudah dialihkan ke pihak lain.

"Bisa dipidanakan, penggelapan atau pencurian kan bisa. Harus tegas kalau milik negara harus dikembalikan secara baik-baik atau dirampas atau dianggap pencurian atau penggelapan," ujar Mahfud.

Mahfud memberikan saran kepada para mantan pejabat atau pejabat negara untuk tidak mengambil barang milik negara. 0 NIZ