Senin, 10 September 2018 06:36:46

Lima Menit di Alam Terbuka bisa Hilangkan Stres

Lima Menit di Alam Terbuka bisa Hilangkan Stres

Beritabatavia.com - Berita tentang Lima Menit di Alam Terbuka bisa Hilangkan Stres

Ketika akhir pekan datang, kebanyakan orang khususnya kaum pekerja ingin menghabiskan satu hari itu untuk bersantai, sebelum kembali ke rutinitas ...

 Lima Menit di Alam Terbuka bisa Hilangkan Stres Ist.
Beritabatavia.com - Ketika akhir pekan datang, kebanyakan orang khususnya kaum pekerja ingin menghabiskan satu hari itu untuk bersantai, sebelum kembali ke rutinitas kerja pada keesokan harinya.

Sebagian orang mungkin tidak ingin beranjak dari tempat tidur. Beberapa lainnya mungkin lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan menonton serial drama kesukaan di platform film streaming.

Meski begitu, Heather Silvestri, psikolog yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa santai pada Minggu seharusnya tetap diisi dengan rutinitas yang jelas. Misalnya, berolahraga di alam terbuka, seperti mendaki, bersepeda, berenang, yoga di taman, dan lainnya, sehingga tidak sekedar berleyeh-leyeh di dalam ruangan.

Namun, olahraga tersebut, katanya, tak perlu dilakukan terlalu berat. Sebab, justru bisa menciptakan stress baru.
Inti dari kegiatan ini adalah untuk menikmati waktu Anda dan merasa bersemangat dan aktif, bukan untuk menghasilkan kesuksesan lain, ucapnya, seperti dikutip dari Bustle, Senin (10/09/2018).

Bila latihan olahraga terasa melelahkan, ada cara lain yang bisa diikuti. Menurut Qing Li, penulis buku Forest Bathing: How Trees Can Help You Find Health and Happiness, setidaknya memandangi alam terbuka selama lima menit pada hari Minggu dapat menghilangkan rasa stress.

Dengan berada di alam, Anda dapat terhubung melalui indera penglihatan, pendengaran, rasa, bau, dan sentuhan. Membuka indera bisa menjembatani kesenjangan antara kita dengan alam, ujarnya.

Studi dari Journal of Environmental Science and Technology menyebutkan berada di alam pada akhir pekan ampuh untuk menciptakan suasana positif pada hati Anda, sehingga meredakan kecemasan sebelum kembali ke rutinitas kerja.

Dalam sebuah meta analisis dari 10 penelitian, mereka yang keluar dan bergerak hanya lima menit pada satu waktu bisa meningkatkan mood suasana hati dan kepercayaan diri, tulis jurnal tersebut.

Studi lain dari Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menyebutkan bahwa berada di alam terbuka juga bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh seseorang dan mencegah munculnya penyakit. 0 NIZ
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022