Senin, 10 September 2018

Presiden Jokowi Disambut Resmi Presiden Korsel

Ist.
Beritabatavia.com - Usai menerima pimpinan 4 (empat) perusahaan besar dan menghadiri forum bisnis dengan pengusaha Korea Selatan (Korsel), Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara sambutan resmi yang dilakukan oleh Presiden Korsel Moon Jae-in di Istana Changdeok, Seoul, Senin (10/9) siang.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Istana Changdeok disambut anak-anak Korea dan Indonesia. Kedua pemimpin pemerintahan beserta ibu negara disuguhi kesenian korea dalam rangka penyambutan tamu kehormatan.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae-in disertai Ibu Negara dan istri Presiden Korsel Kim Jung-sook melakukan pemeriksaan barisan kehormatan, dan dilanjutkan saling mengenalkan delegasi yang mendampingi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Korsel Moon Jae-in melakukan perbincangan atau frienship talk di Secret Garden Area Istana Changdeok, dengan disuguhi minuman teh dan makanan tradisional Korea.

Dalam welcome ceremony ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto, Seskab Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, Kepala BKPM Thomas Lembong, Bekraf Triawan Munaf, Dubes untuk Korsel Umar Hadi.

Dalam kunjungan ke Korsel Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Seoul Air Base Korea Selatan (Korsel), Minggu (9/9) malam pukul 21.20 Waktu Setempat. Di tangga pesawat, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korsel Umar Hadi, Atase Pertahanan Kol. Oka Wirayuda, Menteri Kelautan dan Perikanan Korsel Kim Young Chun menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

Dari bandara, Presiden melanjutkan perjalanan dengan mobil menuju Lotte Hotel tempat Presiden dan rombongan menginap di Kota Seoul.
Kunjungan ke Seoul merupakan kunjungan balasan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In ke Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Agenda kunjungan ini juga bertepatan dengan 45 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan, dimana kedua negara telah memiliki Special Strategic Partnership. Selama di Seoul, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Moon Jae-in, menghadiri forum bisnis RI-Korsel, dan pertemuan bisnis kedua negara.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkap akan ada kejutan saat upacara penyambutan kedatangan Presiden Joko Widodo oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Istana Changdeok-gung. "Jadi, menurut informasi dari mereka dan Pak Dubes (Umar Hadi) juga menyampaikan welcoming ceremony yang pertama dilakukan dengan cara seperti ini. Saya belum tahu. Ada kejutan," kata Menlu saat konferensi pers.

Menlu melanjutkan, belum mengetahui kejutan yang dilakukan pemerintah Korsel saat menyambut Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Retno hanya mengungkapkan upacara penyambutan kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka kunjungan kenegaraan akan dilaksanakan di dua tempat, yakni "welcoming ceremony" di Istana Changdeok-gung.

Juga di pertemuan bilateral di "Blue House" (tempat berkantor Presiden Moon). "Penyambutan di dua tempat berbeda. Ini ada kedekatan khusus antara Presiden Moon dan Presiden Jokowi," ungkap Retno.

Menlu mengungkapkan Presiden Moon ketika berkunjung ke Indonesia pada November 2017, juga merasa sangat dihormati oleh Presiden dan juga sambutan luar biasa masyarakat Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, kejutan penyambutan ini juga kerena hubungan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan juga sangat bagus, dimana pada tahun lalu kedua negara memiliki kerjasama yang disebut "special strategic partnership". 0 ERZ