Senin, 17 September 2018

Dua Kali, PDIP Walkout Rapat Anggaran DPRD DKI

Ist.
Beritabatavia.com - Rapat Badan Anggaran DPRD DKI membahas Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) 2018 Komisi D berlangsung sepi, Senin 17 September 2018.

Seluruh anggota Badan Anggaran dari Fraksi PDIP absen dari rapat, hanya Sekretaris Daerah DKI Saefullah dan sejumlah anggota Badan Anggaran dari Fraksi Gerindra, Hanura, dan PKS. Dan sisi kiri Ruang Paripurna yang biasanya diisi Fraksi PDIP kosong melompong.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono mengatakan, absennya seluruh anggota dari partai banteng itu adalah kelanjutan dari aksi walkout pada Jumat, 14 September 2018.

PDIP geram terhadap pimpinan rapat, Wakil Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan, yang dinilai berkali-kali membatalkan anggaran yang diajukan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. “Ini kelanjutan sikap terkait prioritas yang harus dientaskan, yakni soal banjir,” ucap Gembong ketika dihubungi Senin, 17 September 2018.

Menurut dia, persoalan banjir masih menjadi prioritas di ibu kota dan tak semestinya anggarannya dicoret. Pimpinan rapat, Gembong menambahkan, seharusnya mendengarkan lebih dulu penjelasan dari Satuan Perangkat Kerja Daerah terkait alasan pengajuan anggaran tersebut.

Gembong menuturkan, PDIP hanya menolak hadir dalam rapat terkait dua dinas di Komisi D, yakni Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Lingkungan Hidup. Nantinya, Fraksi PDI-P akan kembali hadir dalam Rapat Badan Anggaran yang belum selesai, yakni Komisi B dan C. “Ikut lah, hanya dua dinas itu yang tidak kami ikuti,” ucap Gembong. 0 TMP