Kamis, 27 September 2018

Peluang Bisnis Umoh Besar, Alumni Al-Azhar Mesir Bentuk ATP

Ist.
Beritabatavia.com - Jumlah orang Indonesia melakukan ibadah umroh dan haji ke Tanah Suci mencapai 1,2 Juta orang per tahun. Besarnya jumlah itu merupakan potensi yang sangat bagus. Melihat potensi itu, ternyata para alumni Universitas Al – Azhar Kairo Mesir di Indonesia, sangat melimpah. Sayangnya belum ada wadah perkumpulan, sehingga sepakat jebolan perguruan tinggi tertua di dunia membentuk Azhary Travel Partner (ATP)
.
“ATP itu adalah perkumpulan Travel wisata umrah haji yang dimiliki lulusan  Univeritas Al Azhar Mesir. Para almuni ini tersebar di penjuru nusantara yang punya kepedulian tinggi di sektor pariwisata syariah,” papar Edy Fr, presidium ATP dalam keterangan tertulis, Kamis (27/9)).

Dilanjutkan, kehadiran komunitas hasil Musyawarah Besar (Mubes) AzharyTravel Partner di Ciwiday, Bandung, Jawa Barat, kemarin ini, merupakan implementasi dari bentuk silaturahim dalam mengangkat potensi alumni Mesir dalam di dunia bisnis Umroh Haji.

“Platform Al Azhar sebagai kawah canderadimuka dalam bidang dakwah dan pendidikan keummatan telah menginsipari semua potensi alumninya untuk ikut berkiprah di masyarakat. Sebagai bentuk tanggung jawab keummatan yang diimplementasikan melalui cara wasthiyyah, moderat, namun tetap menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya. 

Motto sinergi, dakwah dan profesional telah mengarahkan ATP  memiliki program kerja yang berkonsep amanah spiritual, memiliki sinergi yang professional serta dakwah wasathiyyah, sambungnya.

Faisal Patria, presidium ATP lainnya menambahkan kebersamaan yang ada dalam ATP menambah nilai lebih dari sisi bisnis dan peningkatan perusahaan masing-masing anggota. Diantaranya dengan mengadakan pelatihan marketing dan pengelolaan keuangan travel bagi karyawan-karyawan anggota ATP.

“Melakukan bimbingan pembuatan perusahaan travel haji dan umroh bagi khirrij azhar yang berminat dan menjadi anggota ATP. Serta membantu prosesi pembuatan BPW (Biro Perjalanan wisata), PPIU (Penyelengara perjalanan Ibadah Umroh) dan PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Kusus), dan beberapa yang lainnya,” papar Faisal. 
 
Hal senada juga disampaikan lanjut Zainur Rofiq  dan Firdaus juga bagian dari
 presidium ATP mengemukakan selain sisi bisnis yang professional dan sinergi amal jama’I, ATP memiliki komitmen dakwah azhary yang terpola dalam manhaj wasathiyyah sebagaimana yang dilakukan Al-Azhar.

“Untuk itu kami bersepakat bersinergi dengan banyak kalangan, terutama pekerja dakwah dan penghafal al-quran untuk dakwah ummat. Meski kami tetap berkomitmen membantu menjembatani para anggota ATP dalam beberapa sisi pelayanan dan bimbingan terkait dengan wisata, umrah dan haji,” pungkasnya.

Ada 3 poin tujuan terbentuknya komunitas Azhary Travels Partner. Pertama: sinergi dalam penguatan terkait dengan usaha travel masing-masing, dari semua sisi dan semua lini baik tiketnya maupun paketnya, bimbingan dan pelayanannya.

Kedua: terkait dengan dakwahnya karena melekat dari travel haji dan umroh adalah manasik maupun bimbingan, sehingga kita harus turut juga bertanggung jawab bimbingan dapat diserap dengan optimal.

Ketiga: Profesionalitas, kita dorong seluruh anggota dari anggota ATP untuk berlaku menjadi pebisnis yang profesional, kita akan dorong sertifikasi yang diwajibkan oleh peraturan dan seluruh komponen yang menuntut adanya profesionalitas dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan dan bimbingan umroh dan haji.

“Kami alumni Al-Azhar harus memaksimalkan fungsi dan perannya. Diharapkan dengan adanya perkumpulan ini akan tumbuh konsumen Indonesia, yang terkait dengan umroh ini harus menjadikan Khirrijil Azhar berbenah dan melakukan perbaikan agar dinikmati umat,” ucap Zainuddin Rofiq.

Adapun pasar Azhary Travels Partner akan menjajaki wisata berbagai negara muslim. Seperti diantaranya Azerbaijan, Turki, Yerusalem, Mesir, Maroko, Uzbekistan dan berbagai wisata halal travel lainnya. (END)
Berita Terpopuler
Minggu, 16 Desember 2018
Berita Lainnya
Senin, 26 November 2018
Minggu, 25 November 2018
Sabtu, 24 November 2018
Kamis, 22 November 2018
Selasa, 20 November 2018
Senin, 19 November 2018
Minggu, 18 November 2018
Sabtu, 17 November 2018
Jumat, 16 November 2018
Kamis, 15 November 2018
Selasa, 13 November 2018
Senin, 12 November 2018