Senin, 01 Oktober 2018 16:20:23

Anak Kurang Tidur Sebabkan Krisis Kesehatan

Anak Kurang Tidur Sebabkan Krisis Kesehatan

Beritabatavia.com - Berita tentang Anak Kurang Tidur Sebabkan Krisis Kesehatan

 Ribuan anak dan remaja diklaim tengah menghadapi krisis tidur. Laman The Guardian melaporkan, hal tersebut terjadi seiring dengan jumlah ...

 Anak Kurang Tidur Sebabkan Krisis Kesehatan Ist.
Beritabatavia.com -  Ribuan anak dan remaja diklaim tengah menghadapi krisis tidur. Laman The Guardian melaporkan, hal tersebut terjadi seiring dengan jumlah perawatan anak di rumah sakit. Mereka mengalami gangguan tidur dan angkanya meningkat tajam dalam enam tahun terakhir.

Statistik NHS Inggris menunjukkan penerimaan gangguan tidur untuk anak di bawah usia 16 tahun meningkat. Para ahli menggambarkan masalah ini sebagai bencana kesehatan masyarakat yang tersembunyi. Lonjakan tersebut juga sejalan dengan meningkatnya angka obesitas.

Para ahli menyebutkan, angka gangguan tidur meningkat akibat penggunaan media sosial yang berlebihan sebelum tidur. Akibatnya, krisis kesehatan mental melanda orang-orang muda. The Guardian menganalisis data dari NHS Digital bahwa informasi nasional dan mitra teknologi untuk sistem perawatan kesehatan di Inggris tengah mengalami gangguan.

Dari hasil analisis tersebut menyatakan, diagnosis utama gangguan tidur di antara para anak muda yang berusia 16 tahun ke bawah meningkat dari sekitar 6 ribu orang ada 2012-2013 menjadi lebih dari 9 ribu hingga tahun lalu. Masalah tidur merupakan masalah besar, ini krisis bagi kesehatan publik, kata Konsultan Tidur Anak dari The Sleep Sanctuary Rachael Taylor.

Rachael menjelaskan, ada banyak kecemasan tidur yang didiagnosis saat ini. Rata-rata anak-anak yang mengalami gangguan tidur akan mudah merasa cemas. Sebuah klinik tidur di London, Milipond Sleep Clinic, mencatat bahwa pada tahun lalu telah terjadi peningkatan hingga 30 persen dalam rujukan terkait kecemasan masalah tidur pada anak-anak usia sekolah.

Pihak klinik kemudian memberikan resep obat untuk melatonin, yakni hormon yang diproduksi tubuh secara alami sebagai reaksi terhadap rasa kantuk yang membantu untuk tidur. Peningkatan masalah tidur snagat bergantung pada kecemasan. Misalnya, tekanan di sekolah, teman sebaya, hingga di dunia media sosial.

Pendiri NHS Doncaster Vicki Dawson mengatakan, pihaknya kewalahan menangani keluarga yang meminta bantuan. Kami melihat bahwa anak-anak mengalami gangguan tidur karena orang tua yang bekerja, ujar Dawson.

Kondisi ditinggal orang tua yang bekerja menyebabkan anak memiliki jam tidur lebih lambat. Padahal, rutinitas tidur yang baik menjadi kunci mendukung pola tidur yang lebih baik.

Konsumsi makanan juga berpengaruh terhadap gangguan tidur. Anak-anak yang mempunyai masalah tidur kebanyakan mengonsumsi gula dan minuman berenergi untuk mencoba mengompensasi kekurangan tidur yang dialami. Hal tersebut berdampak pada tidur mereka di malam hari.

Berdasarkan data, pasien yang datang ke rumah sakit rata-rata mengidap sleep apnea atau gangguan serius yang terjadi ketika pernapasan terganggu di malam hari. Angka pengidap mencapai lebih dari 8 ribu anak. Kemudian hingga saat ii terdapat sekitar 124 juta anak yang mengalami obesitas di seluruh dunia. Angka tersebut meningkat 10 kali lipat selama empat dekade.

Banyak orang menyepelekan tidur. Padahal tidur memegang peran penting untuk kesehatan di masa depan. Mereka yang mengalami kurang tidur kronis bisa mengidap Alzheimer dengan mudah di hari tua. Tidur ibarat proses istirahat bagi otak dan tubuh. Apabila terganggu selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan maka akan menimbulkan masalah jauh lebih besar. 0 NIZ

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022