Sabtu, 06 Oktober 2018

Asian Para Games Dibuka, Lalu Lintas GBK Ditutup Pukul 12.00

Ist.
Beritabatavia.com - Polri akan menutup beberapa jalur lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (6/10/2018), dalam rangka pembukaan Asian Para Games 2018.

"Rencana kita akan tutup pukul 10.00 WIB, tapi kita lihat situasinya. Tapi puncak penutupan nanti itu jam 12.00 WIB. Itu pasti," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri saat meninjau kawasan GBK, Jakarta.

Refdi menuturkan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan tak jauh beda saat pembukaan Asian Games pada Agustus lalu. Jalur lalu lintas di sekitar GBK baru akan dibuka lagi setelah acara selesai atau sekitar pukul 22.00 WIB.

Jenderal bintang dua itu mengungkapkan, total kekuatan yang dikerahkan untuk mengamankan pembukaan Asian Para Games sebanyak 10 ribu personel. Jumlah itu mencakup pengamanan di dalam area GBK dan beberapa titik jalan di sekitarnya.

"Atlet akan bergerak mulai jam 14.00 WIB. Beda dengan saat Asian Games, atlet bergerak dari wisma menuju GBK mendekati jam 16.00 WIB. Nanti kecepatannya juga sangat rendah, tapi pengawalannya sudah kami siapkan sedemikian rupa, sehingga nanti pada saat di sini sebelum jam 18.00 WIB, mereka sudah oke semua di sini," katanya.

 Berikut rekayasa lalu lintas yang diterapkan selama pembukaan Asian Para Games 2018 di sekitar GBK:

- Flyover Senayan dan Ladogi: kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, sehingga tidak ada kendaraan yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

- Penutupan Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan: kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi. Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar-masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.

- Jalan Hang Lekir: arus lalin dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

- Perempatan Patal Senayan: kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 menuju ke Jalan Asia Afrika diarahkan putar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau.

- TL Palmerah: kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di TL Palmerah menuju ke Jalan Tentara Pelajar - Permata Hijau.

- Pertigaan Jalan Tentara Pelajar: kendaraan yang dari arah TL Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

- Pertigaan Jalan Hang Lekir: kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah TL Pakubuwono, begitu pun arah sebaliknya. 0 DAY