Minggu, 07 Oktober 2018

Berebut BBM Tumpah, 50 Orang Tewas Terbakar

Ist.
Beritabatavia.com - Setidaknya 50 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya mengalami luka bakar parah ketika sebuah truk tangki membawa bahan bakar minyak (BBM) bertabrakan dengan truk kontainer di sebuah kota di Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) pada Sabtu 6 Oktober 2018.

Angka korban yang tinggi disebabkan karena, pada saat kejadian, warga sekitar berusaha untuk mengambil BBM yang bocor dari truk tersebut --yang usai bertabrakan, belum menunjukkan kobaran api.

Namun nahas, tak berapa lama kemudian, kendaraan itu tersulut si jago merah dan terbakar hebat. Sehingga orang-orang yang berada di dekatnya tersulut api. "Kami menyesalkan kematian itu," kata Gubernur sementara Provinsi Kongo-Tengah, Atu Matubuana, kepada The Associated Press, seperti dikutip dari CBS News, Ahad (7/10/2018).

Menambahkan, Matubuana mengatakan bahwa para pejabat sedang mengidentifikasi jasad-jasad yang hangus itu untuk diserahkan kepada keluarga atau guna pemakaman segera.

Dihadapkan dengan salah satu kecelakaan lalu lintas paling mematikan di negara itu, Presiden Joseph Kabila memerintahkan tiga hari berkabung nasional "pada saat yang sangat menyakitkan bagi rakyat RD Kongo ini."

Kecelakaan itu terjadi pada Sabtu malam di desa Mbuba, tidak jauh dari kota Kisantu dan sekitar 124 mil barat daya ibukota, Kinshasa. Kota ini berada di jalan raya utama antara ibu kota dan pelabuhan Matadi di negara itu.

Api cepat menyebar ke rumah-rumah di dekatnya, kata Kementerian Kesehatan RD Kongo dalam sebuah pernyataan. Investigasi sedang berlangsung untuk mencari penyebab kecelakaan itu.

Sebuah foto yang di-tweet oleh kementerian menunjukkan truk tanker yang menghitam, bumper depannya rusak berat dan kaca depannya hilang. "Sopir truk tanker telah hilang, sementara pengemudi trailer traktor tewas di tempat kejadian," kata Kementerian Kesehatan RD Kongo itu. "Jumlah korban tewas kemungkinan bisa terus bertambah," kata pernyataan itu. 0 RIO