Minggu, 07 Oktober 2018

Modus Baru Penipuan Gojek Minta Nomor Rekening

Ist.
Beritabatavia.com -
Penipuan mengatasnamakan aplikasi ride-hailing Gojek kembali marak terjadi. Masifnya penggunaan Gojek membuat para penipu pun tak kehabisan akal untuk mencari keuntungan dari para korban.

Kali ini, penipuan Gojek tak lagi meminta kode OTP tapi justru menawarkan uang dengan nominal yang cukup besar dengan meminta nomor rekening korban.

Korban berinisial PC ini ditelepon oleh orang yang mengaku dari pihak Gojek. Pelaku penipuan memberikan alternatif dapat memberikan hadiah melalui nomor rekening atau nomor Gopay.

Berikut potongan pembicaraan antara korban dan penipu:

Korban 1:

Penipu: Siang pak, kami dari Gojek Indonesia mau menginfokan kalau nomer bapak berhasil dapat bonus Rp2 juta. Hadiah bisa masuk ke akun gojek atau rekening.

Penipu: Benar ini akun gojek atas nama PC dengan angka belakang XXXX?

Korban: Benar. Mas atas nama siapa?

Penipu: Saya IB dari Gojek

Korban: Saya tidak mau uang Rp2 jutanya.

Penipu: Saya ga minta bapak nerima Rp2 jutanya (dengan nada marah).

Korban 2:

Penipu: Ibu bisa memilih hadiah dikirimkan melalui rekening atau akun GoPay.

Korban: Lewat rekening gimana caranya?

Penipu: Uang hadiah akan dikirimkan ke nomor rekening ibu. Ibu cuma hanya melaporkan nomor rekening ibu. Nanti atas namanya akan saya sebutkan benar atau tidaknya atau bisa menambah saldo gopay.

Korban: Kalau lewat gopay gimana caranya?

Penipu: Kami kirimkan ke gopay ibu. Lewat gopay, ini kami proses sekarang. Tapi sebelum diterima kami pertanyakan terlebih dahulu. Ini dengan Ibu SS? Selama menggunakan menggunakan aplikasi gojek, apakah ibu pernah melakukan pembayaran menggunakan saldo gopay?

Korban: Tidak Pernah.

Penipu: Coba ibu buka dulu aplikasinya, baca dari keterangan saldo ya bu. Kalau dari akun ibu sudah terverfikasi dan terupgrade, ibu bisa menyimpan saldo dari Rp1 juta hingga Rp10 juta.

Korban: Tapi saya tidak pakai gojek.

Penipu: Tapi nama ibu ada. Mungkin monyet yang mendaftar ya. (Telepon kemudian ditutup)

Ternyata, modus penipuan yang sama terjadi pada rekan kerja satu kantor PC. "Total ada 4 orang teman saya yang mendapatkan telepon penipuan serupa dengan suara penipu yang hampir sama," ujar PC seperti dilansir CNNIndonesia.com, Ahad (7/10/2018).

Menurut korban, penipu memiliki nama lengkap dirinya dan rekan-rekannya. Pihak CNNIndonesia.com sudah berusaha mengonfirmasi kabar penipuan ini kepada pihak Gojek Indonesia dan masih menunggu respons lebih lanjut. 0 CIO
Berita Lainnya
Rabu, 28 November 2018
Senin, 26 November 2018
Sabtu, 24 November 2018
Rabu, 21 November 2018
Rabu, 21 November 2018
Senin, 19 November 2018
Minggu, 18 November 2018
Sabtu, 17 November 2018
Jumat, 16 November 2018
Kamis, 15 November 2018
Rabu, 14 November 2018
Selasa, 13 November 2018