Selasa, 09 Oktober 2018

Tragis, Penjaga Kebun Binatang Tewas Diterkam Harimau Putih

Ist.
Beritabatavia.com - Seorang penjaga kebun binatang di Jepang meninggal setelah diterkam harimau putih yang langka. Pengawas kebun binatang mengatakan, petugas bernama Akira Furusho (40 tahun) itu ditemukan dalam kandang di Hirakawa Zoological Park di Kota Kagoshima.

Seperti dilansir dari New York Times pada Selasa (9/10), Kyodo News melaporkan, Furusho ditemukan dalam kondisi mengalami pendarahan di leher pada Senin (8/10) malam. Direktur kebun binatang Akinori Ishido mengatakan, tidak ada orang di sekitar saat kejadian itu.

"Dan kita tidak bisa membayangkan apa yang terjadi. Sangat disayangkan kehilangan staf dengan cara ini," ujar Ishudo kepada wartawan pada Selasa.

Diketahui harimau jantan berusia 5 tahun bernama Riku yang menerkam Furusho. Riku dibius oleh pekerja penyelamat yang tiba di tempat kejadian. Sementara Furusho dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit.

Baca juga, Dua Harimau Terkam Sapi Warga di Riau.

Kyodo News melaporkan, polisi sedang menyelidiki mengenai kepedulian kebun binatang terhadap Riku dan tiga harimau putih lainnya. Kantor berita itu juga mengatakan, sesaat sebelum serangan itu, staf berencana memindahkan Riku dari kandang display ke kamar tidurnya.

Ishido mengatakan kepada wartawan, anggota staf tidak diizinkan berada di kandang dengan binatang yang berbahaya. Akan tetapi, surat kabar Asahi Shimbun melaporkan, aturan itu ternyata itu tidak dipatuhi dalam kasus ini.

Kebun binatang itu dibuka pada 1972. Mereka memiliki lebih dari 1.000 hewan, termasuk koala, beruang kutub, dan panda merah. Riku, seekor harimau putih yang memiliki panjang sampai enam kaki dan beratnya sekitar 375 pound (sekitar 170 kilogram),

Kyodo melaporkan, setelah kejadian itu Hirakawa Zoological Park dibuka pada Selasa, tetapi akses ke area dekat kandang harimau dibatasi. Kejadian serangan harimau itu bukan pertama kali pada penjaga kebun binatang di Jepang.

Salah satunya yang terjadi pada 2008, seekor harimau Siberia menyerang penjaga kebun binatang, Atsushi Ito. Ito telah membersihkan kandangnya di sebuah kebun binatang di Kyoto. SeteIah kejadian, ia dilaporkan meninggal karena patah leher.

Polisi kemudian mengatakan, mereka percaya Ito telah gagal menutup pintu kandang dengan benar. Setelah memikat harimau itu dengan meninggalkan ayam di dalamnya.

Harimau putih merupakan harimau Bengal, bukan albinos atau spesies terpisah, seperti yang umumnya dipikirkan. Menurut Suaka Margasatwa Wildcat, sebuah fasilitas penyelamatan kucing besar di Minnesota. 0 ERZ