Sabtu, 13 Oktober 2018

Komedian Augie Fantinus Ditahan

Ist.
Beritabatavia.com -
Komedian Augie Fantinus yang menuduh polisi menjadi calo tiket Asian Para Games 2018, akhirnya Jumat (12/10) malam dojeblokan ke dalam ditahan, setelah ditetapkan jadi tersangka oleh Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Penahanan dilakukan karena pasal yang dikenakan dengan ancaman hukumannya 6 tahun penjara.

“Ancaman 6 tahun, mulai malam ini kita lakukan penahanan. Jadi ini menjadi pengalaman jadi contoh kalau memang tidak benar jangan disampaikan, kalau tidak benar jangan disampaikan terutama di media online,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (13/10).

Polisi menyita barang bukti dalam kasus ini berupa handphone dan akun Instagram Augie yang mengunggah video polisi tersebut. Dalam video yang diunggah Augie pada Kamis (11/10/2018), seorang oknum anggota kepolisian disebut menjual tiket pertandingan basket Asian Para Games 2018 ke calon penonton di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Adi Deriyan membenarkan Augie ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya atas kasus pencemaran nama baik dan menyebarkan video dugaan oknum polisi yang menjadi calo tiket Asian Para Games 2018. Juga sudah ditahan.

Adi menjelaskan Augie disangka mencemarkan nama baik melalui transaksi elektronik sehingga dijerat dengan Undang-undang dipidana bersarkan Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 27 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Pasal 310 Ayat (1) jo 311 KUHP. “Iya kenanya (UU) ITE. Dia kan menyebarkan berita adanya calo tiket itu kan yang ternyata pada kenyataanya tidak seperti itu,” lontarnya.

Berdasarkan keterangan pada unggahan video itu, polisi tersebut sedang bertugas di arena pertandingan basket. Ia hendak menjual tiket kepada Augie.

“Memalukan!!! Ini hari pertama gua ke GBK untuk support Timnas Basket Kursi Roda INDONESIA @jakartaswift.basketball di @asianpg2018….Bangga senang terharu sama antusias penonton yang penuh FULL HOUSE di lapangan basket senayan,” isi keterangan video tersebut.

“Bahkan gue pun beli tiket bersama coach @hermanto1978 dan ngantri panjang untuk masuk ke dalam lapangan. Tapi gue kecewa dan emosi dengan kejadian ini! Polisi yang seharusnya tugas menjaga dan melayani masyarakat justru oknum polisi jadi calo. Ini Oknum! Pantaskah! Biar masyarakat yang menilai. Saya melakukan ini karena saya cinta Indonesia,” lanjut keterangan pada video itu.

Namun, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu membantah anggotanya berniat menjual tiket pertandingan, melainkan hanya ingin melakukan refund. 0 BAIM
Berita Terpopuler